LOADING

Type to search

Trauma dan Tips Bijak Menyikapinya

Seputar Narkoba Tips & Trick

Trauma dan Tips Bijak Menyikapinya

Share

Tiap orang pasti pernah alami pengalaman yang kurang menyenangkan dalam kehidupannya. Pada batas yang normal, pengalaman buruk tersebut biasanya dianggap sebagai bagian dari pengalaman yang mungkin bisa menghasilkan tekanan psikologis, tetapi tidak akan menyebabkan dampak buruk yang berkepanjangan.

Tetapi saat sebuah peristiwa buruk terjadi dengan intensitas yang begitu kuat sampai meninggalkan tekanan atau luka psikologis yang signifikan dalam diri seseorang, kondisi ini bisa disebut sebagai sebuah trauma. Dalam dunia psikologi, trauma ini bersifat gangguan klinis dan punya diagnosis yang dikenal dengan sebutan “Post-traumatic Stress Disorder”.

Mirip dengan suatu pengalaman buruk, trauma lalu diartikan sebagai sebuah perasaan tidak nyaman yang hadir saat mengalami pengalaman yang sama atau kembali mengingat pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut.

Trauma juga mungkin bisa terjadi pada mereka yang sebetulnya tidak pernah  mengalami peristiwa traumatis itu langsung, namun menyaksikan peristiwa yang menimpa orang lain, atau sekedar mendengar cerita pengalaman traumatis dari orang lain.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi trauma? 

Cara-cara sesederhana seperti menarik napas panjang untuk menenangkan diri saat ingatan traumatis datang, atau melakukan relaksasi saat terbangun malam hari karena bermimpi buruk, sebenarnya sudah cukup untuk memulai usaha untuk berdamai dengan trauma secara mandiri.

Namun jika memang cara-cara sederhanan tersebut tidak berhasil, berkonsultasi langsung dengan psikolog bisa menjadi pilihan terbaik.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *