LOADING

Type to search

Tips Aman Minum Obat-obatan Warung

Seputar Narkoba Tips & Trick

Tips Aman Minum Obat-obatan Warung

Share

Sudah bukan rahasia lagi, mayoritas masyarakat Indonesia sangat akrab dengan obat-obatan pereda sakit yang dijual di warung-warung ketika mereka merasa flu, sakit kepala, atau badan terasa nyeri. Namun sayangnya, ada beberapa orang yang belum tahu cara yang aman minum obat-obatan yang dijual bebas tersebut.

Menurut Prof. dr. Amir Syarif, SKM, Sp.FK(K), obat yang dijual di warung tergolong obat bebas dan obat ini cuma bisa dikonsumsi oleh orang yang punya fungsi organ-organ baik atau tidak punya penyakit tertentu. Itulah sebabnya 1 obat belum tentu cocok untuk semua orang.

Berikut adalah tips mengonsumsi obat-obatan warung dengan aman menurut Prof Amir.

  1. Cek warna lingkaran dari obat-obatan yang akan dikonsumsi.
  2. Cek kandungan atau dosis dari obat yang akan dikonsumsi. Biasanya, obat yang dijual bebas mengandung dosis yangsedikit sehingga punya batas aman yang lebar.
  3. Ketahui kondisi tubuh diri sendiri khususnya fungsi ginjal dan hati. Kenapa? Karena dosis yang tertulis di obat bebas umumnya untuk mereka yang memiliki fungsi organ dalam kondisi normal.
  4. Disarankan, batas waktu mengonsumsi obat bebas cuma selama 3 hari saja, kalau tidak ada perubahan kondisi, langsung hentikan pemaiakain obat dan segera konsultasikan ke dokter. Kenapa? Karena ada risiko gejala yang timbul karena penyebab atau penyakit yang lain.
  5. Baca dengan seksama brosur obat, termasuk dosis pemakaian, indikasi, efek samping dan kontra indikasi. Kalau setelah minum obat muncul salah satu efek samping yang tercantum, segeralah berhenti mengonsumsi obat tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *