LOADING

Type to search

Seperti Ini Pertolongan Pertama pada Korban Overdosis Narkoba

Seputar Narkoba Tips & Trick

Seperti Ini Pertolongan Pertama pada Korban Overdosis Narkoba

Share

Dilihat dari artinya, verdosis adalah menggunakan obat-obatan atau jenis narkoba tertentu yang melebihi dosis yang bisa ditoleransi atau diterima oleh tubuh. Overdosis ini seringkali menyebabkan keracunan, bahkan dalam kasus yang berat bisa menyebabkan kematian.

Lalu, langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk memberi pertolongan pertama pada korban overdosis narkoba? Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan.

Telepon bantuan medis

Ketika Anda mendapati seseorang yang mengalami overdosis narkoba, satu hal pertama yang wajib dilakukan adalah segera menelepon bantuan medis. Kita bisa menghubungi klinik atau rumah sakit terdekat. Satu hal yang penting diingat saat mengatasi korban overdosis adalah kita harus tetap dalam keadaan tenang dan tidak panik karena bisa membuat kita bertindak gegabah.

Kalau bantuan medis terlalu lama atau lokasi penjemputan memang sulit untuk dijangkau, bawa korban dengan menggunakan kendaraan pribadi. Korban overdosis harus mendapatkan penangan medis secepat mungkin karena munculnya efek buruk dari overdosis obat, apalagi narkoba, biasanya sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

Cek dan perhatikan napasnya

Jika korban yang overdosis masih bernapas walau mungkin sudah kehilangan kesadaran, jagalah agar tubuhnya berada di posisi yang benar. Pastikan jalan napasnya terbuka dengan mengangkat dagu atau memiringkan kepala korban ke arah belakang. Posisi seperti ini akan membantu jalan pernapasan dan menghindari korban tersedak cairan atau muntahan yang mungkin keluar dari bagian mulutnya.

Ingat, jangan memaksanya untuk memuntahkan apa yang sudah  ia telan. Kenapa? Karena hal tersebut cuma akan memperburuk keadaan. Selain itu, mereka yang overdosis tidak boleh diberikan makanan atau minuman apapun. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa pakaian korban tidak terlalu ketat karena hal itu bisa menghambat pernapasan korban yang sedang overdosis.

Cek dan perhatikan napasnya

Jika korban yang overdosis masih bernapas walau mungkin sudah kehilangan kesadaran, jagalah agar tubuhnya berada di posisi yang benar. Pastikan jalan napasnya terbuka dengan mengangkat dagu atau memiringkan kepala korban ke arah belakang. Posisi seperti ini akan membantu jalan pernapasan dan menghindari korban tersedak cairan atau muntahan yang mungkin keluar dari bagian mulutnya.

Ingat, jangan memaksanya untuk memuntahkan apa yang sudah ia telan. Kenapa? Karena hal tersebut cuma akan memperburuk keadaan. Selain itu, mereka yang overdosis tidak boleh diberikan makanan atau minuman apapun. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa pakaian korban tidak terlalu ketat karena hal itu bisa menghambat pernapasan korban yang sedang overdosis.

Jika diperlukan, lakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru)

RJP (Resusitasi Jantung Paru alias RJP) bisa dilakukan dengan tangan dan menitikkan tekanan pada bagian dada korban. Ingat, penolong harus lebih fokus pada kompresi dada dibanding pernapasan buatan melalui mulut ke mulut.

RJP bisa dilakukan jika posisi korban sudah benar dan sesuai. Kalau ragu, jangan dipaksakan dan Anda bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman atau bisa juga degan meminta panduan melakukan RJP yang benar dari tenaga medis melalui telepon.

Semoga tips di atas berguna!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *