LOADING

Type to search

Rehabilitasi Narkoba Bisa Dilakukan Sendiri?

Tips & Trick

Rehabilitasi Narkoba Bisa Dilakukan Sendiri?

Share

Narkoba. Ya, pasti banyak orang yang tidak asing dengan barang itu. Barang haram yang dilarang oleh agama maupun negara. Tahukah Anda bahwasanya narkoba yang beredar di Indonesia itu dapat digolongkan menjadi 2 jenis. Yaitu jenis narkotika jenis tanaman dan narkotika bukan jenis ganja. Untuk contoh jenis yang tanaman adalah ganja. Sedangkan contoh yang dari bukan tanaman adalah sabu, putaw, ectacy/inex dan heroin. Nah, di Indonesia penyalahgunaan terhadap narkoba bisa dipidanakan. Baik dengan pidana kurungan atau rehabilitasi.

Rehabilitasi Narkoba

Kunci rehabilitasi narkoba adalah dengan melakukannya secepat mungkin. Maka dari itu dibutuhkan ahli adiksi atau psikiater yang bisa menangani masalah narkoba.  Sebagaimana pecandu lain , pecandu narkoba seringkali menyangkal kondisi yang dialaminya. Selain itu mereka juga sulit melakukan rehabilitasi. Maka dari itu, dibutuhkan intervensi dari teman atau keluarga untuk mendorong dan memotivasi pengguna untuk menjalani rehabilitasi. Nah, salah satu cara rehabilitasi narkoba adalah pengobatan medis. Pengguna narkoba  jenis marfin atau heroin akan diberikan obat seperti methadone. Obat ini bisa membantu rehabilitasi narkoba. Karena, reaksi dari obat ini akan mengurangi keinginan untuk memakai narkoba.

Pentingnya Rehabilitasi Narkoba Sendiri

Ada banyak cara yang bisa dicoba untuk melakukan untuk rehabilitasi.  Obat yang bisa di konsumsi untuk membantu rehabilitasi narkoba adalah  naltrexone. Naltrexone bisa menghalangi efek narkoba yang berupa sehat, senang, meredakan rasa sakit serta dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi narkoba. Akan tetapi, semua juga harus sesuai dengan pengawasan dokter terkait obat-obatan yang akan dikonsumsi sebagai upaya menjalani rehabilitasi narkoba.

Konseling Untuk Rehabilitasi Narkoba

Konseling adalah bagian penting dalam mengobati penyalahgunaan dari narkoba. Konseling dilakukan oleh konselor terhadap pecandu narkoba yang ingin melakukan rehabilitasi narkoba. Konselor akan membantu si pengguna narkoba untuk mengenali masalah atau masalah-masalah yang memicu ketergantungan barang haram tersebut. Konseling biasanya dilakukan oleh individu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa konseling dilakukan oleh kelompok.

Nah, itulah informasi terkait cara rehabilitasi narkoba sendiri.  Jauhkan diri Anda sebaik mungkin dari barang haram tersebut karena, dampak nya sangat buruk.

Semoga bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *