LOADING

Type to search

Narkoba Baru Pentylone, Apa Saja Efek Buruknya?

Tips & Trick

Narkoba Baru Pentylone, Apa Saja Efek Buruknya?

Share

Belum lama ini, tepatnya di bulan Maret 2018, Polres Metro Jakarta Barat menangkap pengedar pentylone yang merupakan narkoba jenis baru. Pentylone ini punya beberapa efek buruk, seperti insomnia dan halusinasi. Menurut Kombes Hengki Haryadi, Kapolres Metro Jakarta Barat, pentylone mengakibatkan adanya stimulan, lalu halusinasi, euforia berlebihan dan insomnia.

Keberadaan Pentylone di negara kita pernah teridentifikasi sebelumnya oleh BNN (Badan Narkotika Nasional). Pada bulan Oktober 2017, Pusat Laboratorium Narkotika BNN mengeluarkan daftar NPS (New Psychoactive Substance) atau jenis baru psikotropika yang sudah teridentifikasi di negara kita.

Dari 56 jenis NPS (New Psychoactive Substance) yang disebutkan, nama Pentylone merupakan salah satu yang teridentifikasi. Dalam daftar NPS yang dikeluarkan BNN itu, Pentylone masuk ke dalam narkotika jenis katinon sintetis dengan efek stimulan, insomnia, halusinogen, dan sympathomimetic.

Tetapi, untuk jenis Pentylone sendiri sebelumnya memang belum ada temuan kasus peredarannya lebih jauh di negara kita. Sampai akhirnya ada penangkapan pengedar pentylone dari Polres Metro Jakarta Barat.

Berdasarkan info di laman website The Drug Classroom (TDC), Pentylone adalah stimulan yang masuk ke dalam golongan katinon yang tersubstitusi. Katinon sendiri memiliki struktur kimia yang hampir sama dengan obat-obatan yang sudah dikenal luas, seperti efedrin dan amfetamin.

Di dunia internasional, Pentylon punya sejarah yang sudah cukup lama. Pentylone pertama kali disintesis pada tahun 1960-an dan dijelaskan dalam paten obat-obatan Great Britain di tahun 1969.

Sampai sekitar tahun 2010, belum ada laporan terkait penggunaan Pentylone. Baru di tahun 2011 produk yang diketahui mengandung Pentylone ditemukan di Jerman. Saat itu ditemukan produk dalam bentuk 140 mg bubuk yang dimasukkan ke dalam kapsul.

Dalam laman website TDC juga menjelaskan apa saja efek yang bisa ditimbulkan dari penyalahgunaan Pentylone, seperti peningkatan suasana hati, euforia, stimulan, rasa cemas berlebih, insomnia, hipertensi, tremor, kejang otot dan keluar keringat berlebih.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa narkotika jenis baru ini terkadang bisa memberikan efek yang buruk pada sistem kerja organ jantung, yang ditandai oleh adanya  detak jantung di atas normal (takikardia) dan dada yang terasa nyeri.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *