LOADING

Type to search

Aplikasi Digital Dialogue 101 Sebagai Sarana Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Tips & Trick

Aplikasi Digital Dialogue 101 Sebagai Sarana Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Share

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Badan Narkotika Nasional (BNN)  dan pengembang aplikasi PT Vanaspati Arkananta Widya (VAW), menghadirkan aplikasi digital Dialogue101 sebagai sarana pencegahan penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

Melalui aplikasi ini masyarakat Indonesia bisa mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai narkoba baik dampak maupun kerugian yang dapat ditimbulkan akibat penyalahgunaan barang terlarang tersebut.

Minardiantomo Suputro, Founder VAW menyatakan, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang terlanjur menggunakan narkoba untuk berbagi cerita dan berkonsultasi agar terlepas dari pengaruh obat-obatan terlarang tersebut.

“Kebanyakan pemakai Narkoba yang ingin sembuh tidak tahu harus kemana. Di aplikasi ini kami sediakan fasilitas chating 24 jam untuk berkonsultasi yang akan dijawab oleh manusia bukan mesin,” jelas pria yang disapa Tomy.

Dikatakan Tomy, upaya memerangi Narkoba bukan hanya menjadi tanggung jawab institusi pemangku kepentingan seperti BNN, Polri dan Kemhan (Direktorat Bela Negara), namun juga perlu dukungan seluruh warga Negara Indonesia.

“Sebagai Socialpreneur tergerak untuk menjadi perpanjangan tangan ketiga pemangku kepentingan di atas dalam membantu upaya Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Buruk Narkoba yang dikemas dalam aplikasi berbasis digital dengan nama “Dialogue101 ini,” katanya.

Rangkaian program Pencegahan berbasis aplikasi digital tersebut mencakup Komunikasi, Edukasi, sosialisasi dan berbagi informasi melalui berbagai jenis media, gerakan Sosial an dan Pemberdayaan untuk menjadi lebih produktif.

Sementara program Penanggulangan berbasis aplikasi digital dilakukan mulai dari Pendeteksian Dini Kecanduan Narkoba hingga Rekomendasi Program Rehabilitasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Rangkaian program ini bisa ditujukan untuk semua usia, namun dititikberatkan kepada Usia Remaja Dewasa dan Usia Produktif yang cukup terbiasa dengan gadget.

Aplikasi Dialogue101 merupakan 100% dibangun oleh tenaga-tenaga kreatif Indonesia. Saat ini aplikasi “Dialogue101” bisa di unduh melalui Android Play Store dan menyusul IOS App Store dalam waktu dekat.

Budi Waseso, Kepala BNN sangat berharap aplikasi ini dapat membantu mencegah penyebaran penyalahgunaan narkoba.

“Sekarang semua orang menggunakan smartphone, dengan jangkauan dan teknologi yang ditawarkan perangkat ini semoga dapat mencegah penyebaran narkoba dengan efektif,” harapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *