LOADING

Type to search

Yoghurt, Makanan Enak yang Bisa Bantu Atasi Depresi

Seputar Narkoba

Yoghurt, Makanan Enak yang Bisa Bantu Atasi Depresi

Share

Saat ini makin banyak orang yang terkena depresi. Penyebabnya macam-macam, mulai dari tekanan ekonomi, masalah keluarga, atau bahkan masalah percintaan. Walaupun sudah banyak ditemukan cara untuk mengatasi depresi, dalam kenyataannya, menyembuhkan salah satu masalah kejiwaan ini tidaklah mudah. Beruntung, belum lama ini pakar kesehatan berhasil menemukan cara yang mudah dan enak untuk bisa membantu meringankan gejala depresi. Caranya adalah dengan mengonsumsi yoghurt.

Yoghurt Ampuh Turunkan Gejala Depresi pada Tikus Percobaan

Ahli kesehatan dari University of Virginia School of Medicine menemukan fakta bahwa yoghurt bisa bantu atasi depresi ini setelah melakukan penelitian pada tikus percobaan. Dalam penelitian tersebut, tikus-tikus ini dibuat menjadi stress dan depresi di dalam kandang lalu diberi makanan yang isinya adalah bakteri probiotik, bakteri baik yang bisa kita temukan pada yoghurt. Hasilnya? Tikus-tikus percobaan tersebut ternyata mampu menurunkan gejala-gejala depresi yang mereka alami sebelumnya.

Dalam penelitian ini ditemukan sebuah fakta bahwa bakteri lactobacillus yang dikonsumsi oleh tikus-tikus tersebut bisa membantu membuat suasana hati pengerat ini berangsur normal dan setelah beberapa kali mengonsumsinya, gejala-gejala depresi ini pun tidak lagi ditemukan. Yang lebih hebat, bakteri lactobacillus ini juga bisa membantu menurunkan kadar kynureinine di dalam darah. Sebagai informasi, kynureinine inilah yang turut menyebabkan gejala depresi pada tikus-tikus percobaan tersebut.

Akan Berefek Sama pada Manusia?

Alban Gaultier, pemimpin penelitian tersebut mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini diharapkan juga akan berefek sama di tubuh manusia. Jika hal ini memang benar terjadi, mereka yang menderita depresi tidak perlu lagi khawatir dengan efek samping dari konsumsi obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi depresi. mereka cuma perlu mengonsumsi yoghurt yang enak sekaligus menyehatkan tubuh.

Tapi ingat, mereka yang menderita depresi juga sebaiknya mulai memperbaiki gaya hidupnya supaya lebih sehat, seperti mengubah pola makan, memperbaiki kualitas tidur, dan juga rutin berolahraga. Perubahan gaya hidup sangat positif untuk kesehatan mental seseorang.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *