LOADING

Type to search

Waspada, Depresi Bisa Picu Bunuh Diri!

Seputar Narkoba

Waspada, Depresi Bisa Picu Bunuh Diri!

Share

Depresi bisa picu bunuh diri? Bisa dan hal ini bisa kita lihat dari kasus bunuh diri  Jonghyun, salah satu personel grup boyband Korea Shinee. Sebelum akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya, sempat menulis surat terakhir yang didalamnya berisi pengakuan bahwa dirinya merasa hancur dan depresi.

Menurut Psikolog Anak dan Remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., tindakan bunuh diri dipicu oleh depresi yang biasanya muncul karena ada perasaan tidak lagi berharga atau punya arti bagi lingkungannya. Penderita depresi merasa tidak lagi mampu mengatasi masalah yang sedang dihadapi, tidak berdaya dan hilang harapan dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Berikut adalah saran Vera Itabiliana Hadiwidjojo untuk penderita depresi maupun orang-orang terdekatnya yang bisa mencegah terjadinya bunuh diri.

Tidak sanggup menghadapi masalah? Curhatlah!

Salah satu upaya pencegahan bunuh diri adalah dengan membuka diri dan membicarakan masalah kepada orang lain saat merasa sudah tidak sanggup lagi menghadapi suatu masalah. Jika teman atau kerabat tidak juga bisa mengurangi beban masalah, berbicara dengan  tenaga ahli seperti psikolog atau psikiater bisa menjadi pilihan terbaik.

Peranan orang-orang di sekitar sangat penting

Menurut Vera, peranan orang-orang di sekitar sangat penting untuk bisa mendeteksi mereka yang mengalami depresi atau punya kecenderungan untuk melakukan aksi bunuh diri. Dekatilah mereka, ajak bicara dan jika memang diperlukan bantu ia untuk mencari bantuan dari ahli. Intinya kita harus terus mengingatkan bahwa bunuh diri bukan solusi.

Jauhi sosial media

Mereka yang depresi sebaiknya jauh-jauh dari sosial media karena menurut Vera , sosial media bisa  menambah tekanan sekaligus bisa memberikan ide-ide tentang bunuh diri.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up