LOADING

Type to search

Transformasi Bentuk Narkoba di Sekitar Anda yang Wajib Diwaspadai

Seputar Narkoba

Transformasi Bentuk Narkoba di Sekitar Anda yang Wajib Diwaspadai

Share

Pertengahan tahun lalu, media sosial dihebohkan dengan pemberitaan narkoba jenis flakka yang konon bisa mengubah penggunanya bertingkah laku layaknya mayat hidup atau zombie. Pada kenyataannya, selain falkka masih banyak bentuk dan jenis narkoba lainnya yang juga wajib kita ketahui sekaligus waspadai.

Ekstasi minions

Selain flakka, satu jenis narkoba terbaru yang wajib kita waspadai adalah ekstasi yang berasal Belanda. Tidak seperti ekstasi pada umumnya, ekstasi yang berhasil digagalkan penyelundupannya oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dengan Bea Cukai Kementerian Keuangan itu disebut memiliki bentuk yang lucu, menyerupai tokoh utama di film Despicable Me, Minions.

Ekstasi berbentuk Minions itu ternyata bukan benar-benar ‘anak baru’ yang beredar di negara kita karena pada sekitar akhir 2016, pihak kepolisian juga berhasil membekuk pengedar ekstasi jenis ini di Depok, Jawa Barat. Ketika itu, pihak berwajib bahkan sempat terkecoh karena menyangka ekstasi berbentuk Minions itu hanyalah vitamin untuk anak-anak.

Tetapi setelah dilakukan pengujian laboratorium, ekstasi imut tersebut diketahui mengandung metilen dioksi metil amphetamin (senyawa MDMA) yang biasa ditemukan pada narkoba jenis ekstasi. Karena itulah, kita wajib untuk lebih waspada dan teliti saat ingin membeli atau memberikan vitamin atau permen dalam bentuk yang terlihat lucu, supaya anak-anak kita terlindung.

Liquid rokok elektrik

Tidak hanya bertansformasi ke dalam bentuk yang lucu, narkoba juga ternyata sudah mulai  ‘menyelinap’ ke tengah-tengah kehidupan masyarakat modern. Ketenaran rokok elektrik, dikenal juga dengan nama vape, ternyata juga dimanfaatkan oleh para pengedar. BNN (Badan Narkotika Nasional) telah menemukan jenis narkotika baru yang dicampur kemudian diedarkan dalam liquid yang biasa dipakai untuk rokok elektrik.

Narkoba berbentuk liquid tersebut bernama 4-CMC dan memiliki warna biru. Liquid narkoba itu dikemas dan menggunakan nama jual Snow White atau Blue Safir. Pihak berwajib juga pernah menangkap penjual liquid rasa ganja. Liquid tersebut dijual melalui dunia maya seharga sekitar Rp 500 ribu-Rp 1 juta untuk kemasan 10ml-30ml.

Dengan banyaknya transformasi obat-obatan terlarang tersebut, kita sudah pasti wajib untuk selalu waspada. Transformasi bentuk narkoba ini memang sengaja diciptakan agar bisa mengelabui banyak orang, termasuk orang tua dan aparat yang berwenang.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *