LOADING

Type to search

Tidak Perlu Obat-obatan. Kamu Hanya Perlu Olahraga 20 Menit Untuk Redakan Depresi!

Seputar Narkoba

Tidak Perlu Obat-obatan. Kamu Hanya Perlu Olahraga 20 Menit Untuk Redakan Depresi!

Share

Olahraga punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Selain baik untuk menjaga kebugaran, banyak orang yang memanfaatkan olahraga sebagai cara memperbaiki penampilan dan menurunkan berat badan. Tidak salah memang, pasalnya olahraga punya kemampuan untuk itu.

Selain menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan, dilansir dalam teleghraph, penelitian terbaru dari King’s College London, Inggris, menyatakan jika olahraga selama 20 menit per hari, atau 150 menit per minggu, efektif menjaga kesehatan jiwa.

Tidak hanya itu, dalam penelitian yang sama, disebutkan juga jika olahraga efektif meredakan depresi dan mencegah munculnya keinginan bunuh diri akibat depresi.

Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis 49 studi sebelumnya yang membahas tentang depresi dan olahraga, dengan jumlah partisipan mencapai lebih dari 266 ribu orang. Penelitian ini dilakukan selama 7 tahun, dengan peserta dimulai dari anak-anak, dewasa dan lansia.

Dalam keterangannya, dr Brendon Stubbs, juru bicara penelitian dari King’s College London, menjelaskan jika penelitian ini merupakan penguat dari penelitian sebelumnya terkait manfaat olahraga.

Maka dari itu, dr Brendon Stubbs menyarankan agar kegiatan olahraga dan aktivitas fisik ini kembali digiatkan, terlebih di sekolah dan tempat kerja. Menurutnya, anak remaja dan pekerja kantoran merupakan kelompok dengan risiko depresi paling tinggi di Inggris.

Bagaimana jika kita terlalu sibuk?

Beberapa orang mungkin kesulitan untuk berolahraga karena waktu yang sangat terbatas. Padahal, kalau kamu cermat, olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan di sela aktivitas harian, misalnya.

  1. Kamu bisa memarkirkan kendaraan agak jauh dari lokasi kantor atau sekolah, kemudian berjalan kaki dari parkiran hingga ke tempat tujuan.
  2. Manfaatkan waktu istirahat untuk berjalan-jalan berkeliling sekolah atau kantor.
  3. Manfaatkan jeda pelajaran atau 2 jam sekali untuk melakukan peregangan.
  4. Berangkat sekolah atau kerja dengan menggunakan sepeda.
  5. Manfaatkan sore hari untuk berolahraga, meskipun sangat terbatas.

Intinya, sebisa mungkin kamu wajib berolahraga, dan menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas fisik. Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *