LOADING

Type to search

Ternyata Alkohol Jauh Lebih Berbahaya Dari Ganja

Seputar Narkoba

Ternyata Alkohol Jauh Lebih Berbahaya Dari Ganja

Share

Selama ini, banyak dari kita yang menganggap ganja sebagai benda terlarang yang bisa berpengaruh buruk untuk kesehatan. Hal ini memang benar, tapi ternyata ada yang jauh lebih buruk dan berbahaya dari menggunakan ganja, yaitu minum minuman yang mengandung alkohol. Berdasarkan penelitian terbaru, konsumsi alkohol ternyata efeknya bisa jauh lebih berbahaya kalau dibandingkan dengan memakai ganja.

Bagaimana Hal Ini Bisa Terjadi?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Professor Dirk Lachenmeier yang berasal dari Chemical and Veterinary Research Office di Karlsruhe, Jerman dan sudah dipublikasikan oleh Jurnal Scientific Reports, mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak  bisa 114 kali lebih berbahaya kalau dibandingkan dengan memakai ganja.

Penelitian tersebut meneliti berbagai bahan yang bisa memberikan efek adiktif bagi tubuh manusia. Tidak hanya ganja dan minuman beralkohol, beberapa bahan lainnya seperti heroin, kokain, tembakau, ekstasi, sampai methamphetamine juga diteliti dalam penelitian tersebut.

Setelah memperhitungkan bahan-bahan ini dengan dosis yang dianggap mematikan pada setiap zat adiktif, barulah didapatkan sebuah fakta bahwa minuman beralkohol  lebih jauh berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini mungkin diluar dari yang kita bayangkan sebelumnya.

Jangan Remehkan Alkohol!

Professor Dirk Lachenmeier  mengatakan  dunia kesehatan sebelumnya terlalu melebih-lebihkan efek kesehatan yang duisebabkan oleh ganja dan justru meremehkan efek buruk dari konsumsi alkohol.  Padahal, jika konsumsi alkohol ini berlebihan, maka mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol tersebut berisiko terkena berbagai masalah kesehatan yang tidak hanya bisa merugikan kesehatan, tapi juga bisa mematikan.

Walaupun begitu, bukan berarti kita juga bisa meremehkan efek ganja dan menganggapnya sebagai hal yang tidak berbahaya karena hasil penelitian yang dilakukan oleh Wayne Hall dari WHO di tahun 2014, mengungkapkan sebuah fakta bahwa mereka yang menjadi pecandu ganja bisa mengalami kematian jika  mengkonsumsinya sebanyak 15-75 gram. Jumlah ini yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang jumlah rata-rata dikonsumsi pecandu ganja tiap harinya.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *