LOADING

Type to search

Terapi Surfing, Cara Baru untuk Obati Trauma Psikologis

Seputar Narkoba

Terapi Surfing, Cara Baru untuk Obati Trauma Psikologis

Share

Memang benar jika banyak yang menyebut bahwa pergi ke laut akan membantu kita untuk menenangkan jiwa dan mental. Layne Beachley, peselancar asal Australia,  mengungkapkan ia merasa setiap di laut ia merasa seperti ‘dibasuh dari puncak kepala hingga ujung jari kaki, bagaikan mencuci bersih pikirannya, tubuhnya dan jiwanya.

Surfing baginya adalah proses yang menyelamatkannya, tidak cuma sebagai profesi yang ia geluti secara profesional. Di tahun 90-an, Layne didiagnosis mengidap sindrom kelelahan kronis. Tetapi ia tak ingin mengaku bahwa dirinya sakit sampai akhirnya ia terkena depresi dan sering terpikir untuk melakukan bunuh diri.

Layne menyebut keinginan untuk sufing lagi lah yang kemudian membuatnya ingin tetap hidup meskipun berada dalam masa buruk. Surfing mampu memberinya banyak sekali perspektif dan keseimbangan yang sehat dalam hidup. Kalau ia merasa kewalahan, itu artinya ia terlalu lama jauh dari laut.

Serupa dengan pendapat Layne, Kris Primacio dari International Surf Therapy Organisation (ISTO) di Australia juga setuju kalau berselancar bisa menjadi terapi yang baik bagi kesehatan mental. Dalam organisasinya, ia punya layanan terapeutik memakai kegiatan surfing.

Terapi surfing mengharuskan pesertanya untuk konsentrasi 100% dan saat itu, mereka yang mengikuti terapi ini tak akan bisa lagi memikirkan hal yang membuat mereka cemas atau depresi. ISTO juga mengaplikasikan terapi surfing ini pada mereka yang mengalami trauma, penyandang disabilitas, penyandang autisme dan pengidap gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Lalu, sudah adakah di negara kita? Sampai saat ini sepertinya belum ada terapi ini di Indonesia. Semoga hadir secepatnya karena selain sangat bermanfaat, lokasi untuk surfing di Indonesia pun berlimpah sehingga tidak akan kesulitan menemukan lokasi untuk menjalani terapi ini.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *