LOADING

Type to search

Terapi Insomnia Juga Baik untuk Kesehatan Jiwa

Seputar Narkoba

Terapi Insomnia Juga Baik untuk Kesehatan Jiwa

Share

Selama ini, insomnia cuma dianggap sebagai salah satu gejala gangguan jiwa. Tetapi penelitian terbaru mengungkapkan bahwa penanganan insomnia yang tepat juga bisa membantu perbaiki kesehatan jiwa. Dalam penelitian yang sudah dipublikasikan di jurnal The Lancet Psychiatry, mengungkap bahwa melakukan terapi bagi gangguan insomnia yang dialami pasien depresi dan gangguan cemas dapat meningkatkan kondisi kesehatan jiwa mereka. Penelitian ini meneliti efek terapi insomnia pada pengidap depresi dan gangguan kecemasan.

Mengobati Insomnia Juga Mengobati Kesehatan Jiwa

Salah satu peneliti, Daniel Freeman dari Sleep and Circadian Neuroscience Institute, Oxford University Inggris, menuturkan selama ini insomnia hanya dilihat sebagai gejala, bukan penyebab seseorang mengalami gangguan jiwa dan masalah kejiwaan. Studi ini bertujuan untuk membalikkan opini tersebut, dan membuktikan bahwa dengan mengobati insomnia, kesehatan jiwa mereka yang mengidap insomnia juga bisa menjadi lebih baik.

Studi ini melibatkan sebanyak 3.755 mahasiswa di Inggris. Dalam studi ini mereka diminta untuk melakukan terapi insomnia dengan CBT (cognitive based therapy) dan juga program digital Sleepio. Hasilnya, mereka yang melakukan CBT dan Sleepio punya waktu tidur yang lebih baik. Secara kejiwaan, mereka juga diketahui menjadi lebih jarang merasa cemas, depresi, mengalami mimpi buruk, dan punya mood yang lebih baik.

Jangan Remehkan Pentingnya Waktu Tidur!

Studi ini secara langsung membuktikan bahwa waktu dan kualitas tidur tidak boleh diremehkan. Kalau tidur nyenyak dan cukup, seseorang akan bisa beraktivitas (bekerja) dengan lebih baik dan kondisi kesehatan jiwaannya pun akan lebih baik. Tidur yang nyenyak bisa memberikan perbedaan yang sangat besar bagi kesehatan jiwa dan membantu orang lain untuk bisa tidur lebih baik adalah langkah awal untuk mencegah terjadinya masalah kejiwaan dan psikologis.

Semoga bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *