LOADING

Type to search

Terapi Avatar Untuk Mereka yang Menderita Gangguan Mental

Seputar Narkoba

Terapi Avatar Untuk Mereka yang Menderita Gangguan Mental

Share

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa melakukan tatap muka dengan avatar di layar komputer bisa membantu penderita  gangguan mental mendengar suara mereka untuk bisa mengatasi halusinasi dengan lebih baik. Hal ini adalah sebuah fakta karena sebuah penelitian Inggris sudah menemukan salah satu metode terbaru untuk membantu penderita gangguan mental ini.

Para penderita gangguan mental yang mendapat terapi ini akan berkurang rasa tertekannya dan akan mendengar suara halusinasi lebih jarang dibandingkan mereka yang hanya mengikuti konseling.

Pendekatan Baru untuk Mengobati Halusinasi Skizofrenia

Menurut para ahli, terapi avatar bisa menambahkan pendekatan baru yang penting untuk mengobati halusinasi skizofrenia. Penelitian tersebut melibatkan 150 orang dan sudah dipublikasikan di jurnal Lancet Psychiatry. Penelitian di Inggris tersebut seakan mendukung sebuah studi percontohan yang lingkupnya jauh lebih kecil pada tahun 2013.

Halusinasi sering terjadi pada mereka yang menderita skizofrenia dan hal ini dapat bersifat mengancam dan menghina. Ditemukan, satu dari empat pasien terus-menerus mendengar suara walaupun sudah diberikan obat-obatan sekaligus menjalani terapi perilaku kognitif. Dalam penelitian yang dilakukan oleh King’s College London dan University College London, dilibatkan 75 pasien yang terus mendengar suara selama lebih dari 1tahun, mereka diberi 6 sesi terapi avatar. Sementara 75 lainnya diberi jumlah konseling yang sama.

Setelah 12 minggu, mereka yang mengikuti terapi avatar mengalami peningkatan yang significan dibanding terapi lainnya yang biasa digunakan untuk membantu para penderita gangguan mental. Bahkan, 7 pasien yang menjalani terapi avatar mengungkapkan bahwa halusinasi mereka telah hilang sama sekali setelah 12 minggu.

Bagaimana di Indonesia?

Seperti sampai saat ini, terapi ini belum dipergunakan oleh para ahli kesehatan mental di negara kita. Walaupun ada mungkin jumlahnya tidak banyak. Semoga ke depannya, terapi avatar ini bisa digunakan dan mereka yang menderita gangguan mental bisa terbantu kesembuhannya.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *