LOADING

Type to search

Tak Cuma Kecanduan, Rokok Juga Bisa Sebabkan Sulit Mendapat Pekerjaan

Seputar Narkoba

Tak Cuma Kecanduan, Rokok Juga Bisa Sebabkan Sulit Mendapat Pekerjaan

Share

Kebiasaan merokok adalah salah satu penyebab dari berbagai penyakit di dunia. Beberapa negara di duia sudah melakukan banyak cara untuk menekan jumlah perokok di negaranya, tetapi tampaknya tidak ada yang lebih baik dari negeri sakura, Jepang. Negara tesebur diketahui sudah menargetkan negaranya menjadi lingkungan yang bebas rokok, bersih dan modern dalam rangka menyambut digelarnya Tokyo Olympics pada tahun 2020. Sebuah info yang dikutip dari dari Daily Mail, firma Softbank di Jepang berencana melarang para pekerjanya untuk merokok di jam kerja, baik itu saat mereka ada di lingkungan kantor ataupun tidak.

Kebijakan perusahaan ini diimplementasikan pada hari Jumat terakhir setiap bulan, dan setelah bulan Oktober tahun ini, hari Rabu juga akan termasuk hari bebas merokok. Softbank memang belum akan memberi pinalti pada yang melanggar, tetapi peringatan keras tetap akan diberikan pada karyawan yang melanggarnya. Sementara perusahaan Jepang lainnya mengungkapkan bahwa perusahaan mereka cuma akan menerima non-perokok untuk jabatan baru dan kandidat yang berpotensi akan diminta untuk mengaku apakah mereka memang merokok atau tidak.

Peraturan-peraturan ini diberlakukan oleh perusahaan Jepang tujuannya untuk membantu pemerintah menurunkan jumlah perokok dari 17,7% menjadi 12% saat Olimpiade di gelar di negara tersebut di tahun 2020 nanti. Tidak hanya perusahaan, Universitas Nagasaki juga belum lama ini mengumumkan mereka tidak akan memperkerjakan profesor atau dosen yang merokok. Namun, pengecualian bisa dilakukan jika mereka berjanji untuk berhenti merokok setelah mereka dinyatakan diterima bekerja.

Menurut Shigeru Kono, presiden dari universitas tersebut, tugas kami sebagai universitas adalah untuk memelihara sumber daya manusia, dan Universitas merasa wajib untuk mencegah orang merokok karena beberapa perusahaan sudah mulai tidak mau merekrut para perokok.

Bagaimana di negara kita? Semoga secepatnya perusahaan-perusahaan di negara kita mengikuti apa yang dilakukan oleh perusahaan di Jepang agar jumlah perokok di negara kita bisa segera diturunkan.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *