LOADING

Type to search

Tak Bikin Ketagihan, LSD Tetap Berbahaya

Seputar Narkoba

Tak Bikin Ketagihan, LSD Tetap Berbahaya

Share

Walaupun lycergic syntetic diethylamide (LSD) diketahui tak membuat ketagihan tapi seorang pakar adiksi narkoba dr Lula Kamal, Msc, mengungkapkan bahwa tidak berarti zat tersebut aman untuk dipakai. Narkotik LSD tetap bahaya terutama kalau dipakai dalam situasi tertentu.

Pemakai LSD akan Kesulitan untuk Fokus

Efek halusinasi yang disebabkan oleh LSD walau mungkin tidak sekuat yang dihasilkan oleh narkoba jenis lainnya, tetap bisa mengganggu persepsi. Mereka yang memakai LSD akan menjadi kesulitan untuk fokus dan hal inilah yang dikatakan dr Luna menjadi berbahaya khususnya jika mereka sedang berkendara atau sedang bekerja mengoperasikan alat berat.

Menurut dr Luna, seperti dilansir dari DetikHealth, halusinasi itu bahaya, contoh kalau mereka sedang nyetir atau operator alat bekerja di pabrik atau sedang menggunakan pisau potong itu berisiko terjadi kecelakaan.

Sulit Diprediksi Perilakunya

Tidak cuma kewaspadaan yang menurun, mereka yang sedang dalam pengaruh LSD juga tidak sulit diprediksi perilakunya. Beberapa menyebutkan perasaan seperti melihat cahaya berpendar, melintasi waktu, dan halusinasi-halusinasi lain yang hanya bisa dirasakan pemakai LSD. Ada juga mengungkapkan halusinasi bisa membuat pemakainya menjadi histeris, ketakutan dan paranoid.

dr. Luna, mengatakan, mereka yang memakai LSD ada yang perilakunya tenang-tenang saja dan ada juga yang tidak. Tergantung persepsi orangnya jadi kita sulit atau tidak bisa memprediksi apa yang akan ia rasakan.

Melihat penjelasan di atas, bisa kita simpulkan, LSD memang tidak bikin ketagihan, tapi dampak pemakaiannya tidak kalah bahaya dengan narkoba jenis lainnya. Ingat, selalu jauhi narkoba apapun jenisnya, termasuk lycergic syntetic diethylamide (LSD)!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *