LOADING

Type to search

Suara Alam Bisa Merelaksasi Tubuh dan Pikiran. Benarkah?

Seputar Narkoba

Suara Alam Bisa Merelaksasi Tubuh dan Pikiran. Benarkah?

Share

Suara alam sudah cukup lama dihubungkan dengan relaksasi, seperti suara ombak, kicau burung, serta hembusan angin ke pohon. Suara-suara alam tersebut dipercaya bisa menenangkan pikiran manusia. Tapi, bagaimana sebenarnya suara alam tersebut bisa berpengaruh dan merelaksasi tubuh dan pikiran?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Brighton and Sussex Medical School, meneliti serta meriset 17 orang dewasa memakai pemindai resonansi magnetik atau (fMRI). Para peserta tersebut kemudian diperintahkan untuk mendengar 5 serangkaian suara alam asli dan suara alam buatan manusia selama 5 menit. Para peneliti juga memakai pemindai otak, monitor tingkat-jantung, dan tes eksperimen perilaku untuk mendapat jawaban penyebab fisiologis dari efek suara alam tersebut.

Untuk tiap rekaman suara alam yang tidak sama, peserta diukur fokus pikiran dan reaksinya. Detak jantung peserta studi juga dilihat untuk membangun pada sistem saraf otonom. Peneliti juga memantau sistem organ yang terlibat dalam proses ini, seperti tekanan darah, pernapasan, suhu tubuh, metabolisme dan pencernaan.

Untuk beberapa peserta dengan punya respon simpati yang tinggi saat penelitian, hasil tes ini mencatat adanya manfaat relaksasi besar dari alam untuk orang tersebut. Tetapi peserta yang memulai dengan respon simpatik rendah, mereka benar-benar mengalami sedikit peningkatan relaksasi tubuh saat mendengarkan suara alami dan buatan.

Dari hasil penelitian di atas, bisa disimpulkan bahwa suara alam, yang alami maupun buatan, memang bermanfaat untuk merelaksasi tubuh, walaupun memang harus diakui, efeknya terhadap tiap orang bisa berbeda-beda.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *