LOADING

Type to search

Stres Bisa Diatasi dengan Menggambar

Seputar Narkoba

Stres Bisa Diatasi dengan Menggambar

Share

Menggambar atau sekedar corat-coret di kertas ternyata bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh meredakan stress. Dilansir dari sebuah jurnal Art Therapy yang dirangkum oleh The Atlantic, kegiatan seni seperti menggambar mampu mengurangi gejala kecemasan. Bagaimana kalau kita tidak pandai menggambar? Tidak perlu khawatir, dalam terapi ini menggambar tidak cuma dilakukan oleh mereka yang memang pandai dalam hal gambar saja. Siapapun bisa mencoba terapi ini sebagai salah satu solusi meredakan stress.

Kenapa menggambar bisa menjadi salah satu solusi dalam meredakan stres?

Sebuah penelitian medis menunjukkan bagaimana stress kronis bisa berpengaruh  negatif terhadap kesehatan tubuh. Untungnya, ada beberapa cara yang efektif dalam mengurangi stress yang mudah disesuaikan dengan gaya hidup yang serba cepat dan sibuk, yaitu dengan menggambar apapun.

Apapun yang ada dalam pikiran Anda, bisa langsung Anda tuangkan (gambar) di dalam buku gambar atau sekedar secarik kertas.Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang hubungan antara bagaimana menggambar bisa menjadi salah satu solusi dalam meredakan stres.

Menggambar sebagai cara mengekspresikan perasaan

Emosi seperti rasa marah, sedih, atau bahkan kehilangan seseorang bisa menjadi penyebab kondisi stress tubuh dan pikiran. Emosi yang tertekan sangat berisiko menimbulkan masalah yang tidak diduga kalau tidak diluapkan dengan baik.

Seorang ahli di bidang terapi seni, Cathy Machioldi, mengungkapkan bahwa saat seseorang meluapkan stress melalui seni, mereka punya keuntungan untuk bisa mengeksplorasi emosi yang sulit diungkapkan melalui kata-kata.

Menggambar sebagai respon untuk lebih tenang (rileks)

Saat menunggu sesuatu atau ketika di sela sela pekerjaan, kita masih bisa meluangkan waktu untuk menggambar. Kita hanya perlu menyiapkan sebuah pensil dan kertas. Mulailah menggerakkan pensil dengan tangan karena sudah bisa membantu membuat mata, tubuh, dan pikiran menyatu pada suatu hal.

Herbert Benson, dokter ahli jantung dari Harvard University, mengidentifikasi seni menggambar sebagai respons dari relaksasi. Menurut Benson, menggambar merupakan gambaran keadaan fisik yang sedang beristirahat dalam sebuah respon melawan rasa stres dari dalam tubuh. Saat seseorang mengganmbar akan muncul respon positif tubuh seperti penurunan tekanan darah, laju pernapasan yang stabil, dan denyut nadi lebih rendah.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *