LOADING

Type to search

Singkirkan Stres dengan Mendaki Gunung

Seputar Narkoba

Singkirkan Stres dengan Mendaki Gunung

Share

Tidak hanya baik bagi kebugaran fisik, tapi mendaki gunung atau hiking dianggap sangat baik juga untuk kesehatan mental. Penelitian-penelitian terus mengungkap bukti-bukti manfaat kegiatan luar ruang seperti mendaki guning, mulai dari bisa mempertajam ingatan sampai ampuh untuk memperbaiki mood.  Berikut adalah beberapa dari manfaat mendaki gunung bagi kesehatan mental (jiwa).

Mengurangi stres

Beberapa hasil penelitian banyak yang menyimpulkan bahwa tinggal di lingkungan yang berpolusi dan padat penduduk bisa meningkatkan risiko kecemasan dan depresi. Nah, menghabiskan waktu di alam bebas akan bisa membalikkan dampak negatif tersebut.

Menurut studi, berjalan-jalan di hutan atau alam selama 90 menit ampuh membuat kita menjadi lebih tenang dan merasa rileks. Hasil pemindaian otak pada mereka yang berjalan-jalan di hutan juga menunjukkan sebuah penurunan aliran darah ke area otak tertentu. Hal ini menandakan bahwa mereka menjadi lebih tenang.

Ingatan menjadi lebih kuat

Kegiatan fisik bisa membawa perubahan positif pada otak. Salah satunya adalah bisa  meningkatkan kemampuan mengingat dan mempertajam kemampuan untuk berpikir. Jika tidak suka berolahraga, berjalan santai dan juga mendaki gunung bisa jadi alternatif yang menyenangkan.

Memunculkan rasa bahagia

Sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal PLOS One mengungkapkan bahwa berjalan dalam waktu yang agak lama (panjang) di luar ruang bisa lebih memunculkan rasa bahagia ketimbang memakai treadmill atau berolahraga di pusat kebugaran (gym).

Meningkatkan kreativitas

Dalam sebuah studi yang membandingkan antara sekelompok orang yang diminta untuk berjalan-jalan di sebuah hutan (hiking) sebelum akhirnya mengerjakan sebuah tugas kreativitas di dalam ruangan saja, menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Mereka yang sudah melakukan kegiatan hiking diketahui memiliki nilai lebih baik dalam hal kreativitas.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *