LOADING

Type to search

Sederet Alasan Orang Menggunakan Narkoba

Seputar Narkoba

Sederet Alasan Orang Menggunakan Narkoba

Share

Walaupun sudah banyak tahu kalau narkoba itu sangat berbahaya, tapi tetap saja ada yang selalu mencari dan menggunakannya. Kenapa bisa seperti itu?  Berikut adalah sederet alasan orang menggunakan narkoba.

Supaya bisa diterima di lingkungan

Alasan yang satu ini sering sekali dikemukakan oleh para pengguna narkoba. Karena ingin bisa diterima oleh lingkungan, mereka akhirnya terpancing untuk ikut menggunakan narkoba. Agar tidak terjerumus, pintar-pintar lah memilih lingkungan pergaulan dan jangan mudah tergoda oleh hal-hal negatif yang salah satunya adalah narkoba.

Sebagai pelarian

Memakai narkoba sebagai pelarian atau sekedar bersantai juga sering dikemukakan oleh para pengguna narkoba. Padahal tidak seperti itu kenyataannya. Saat stres kemudian menggunakan narkoba tidak akan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Masalah tetap ada begitu efek narkoba selesai. Selain itu sangat mungkin masalah akan bertambah karena bisa saja kita menjadi kecanduan narkoba yang kita konsumsi tersebut.

Untuk mengusir kebosanan

Tidak sedikit dari mereka yang memakai narkoba saat mereka merasa bosan. Mereka berpikir dengan memakai narkoba, suasana bosan akan hilang. Padahal justru sebaliknya, setelah pengaruh narkoba hilang, yang akan timbul adalah perasaan makin frustasi karena sadar bahwa kenyataan yang tetap tidak berubah. Cara yang lebih efektif mengusir rasa bosan adalah cobalah melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya, seperti melakukan hobi atau traveling ke tempat yang baru.

Supaya tampak dewasa

Nah, ini dia alasan yang tidak benar lainnya. Mereka yang sudah berpikiran dewasa kebanyakan terlalu sibuk dengan urusan kehidupannya sendiri dan tidak terpikir sekalipun untuk memakai narkoba. Mereka lebih memilih uangnya untuk dipakai untuk keperluan yang lebih penting. Justru mereka yang belum dewasa dan masih berpikiran pendek saja yang mau menghabiskan uangnya untuk konsumsi narkoba.

Untuk memberontak

Banyak pengguna narkoba yang menjadi pemakai bukan karena kebutuhan dirinya, tapi lebih karena ingin menunjukkan pemberontakan. Mereka ingin keluar dari norma atau aturan yang diberikan oleh lingkungannya, seperti lingkungan keluarga dan masyarakat umumnya. Mereka pikir dengan menggunakan mereka bisa hidup secara mandiri dan bebas.

Untuk bereksperimen

Wajar memang kalau kita memiliki keinginan untuk mencoba sesuatu yang baru. Tapi sebelum mencoba sesuatu yang baru, ada baiknya kalau kita lihat dulu kemungkinan baik buruknya. Dari pada mencoba narkoba yang memiliki efek buruk, ada baiknya jika kita bereksperimen dengan sesuatu yang lebih aman dan bermanfaat, seperti main musik, olah raga, ikut lomba atau sekedar pergi ke salon untuk mengecat rambut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *