LOADING

Type to search

Sahabat Sejati Sangat Penting untuk Kesehatan Mental

Seputar Narkoba

Sahabat Sejati Sangat Penting untuk Kesehatan Mental

Share

Manusia merupakan mahluk sosial dan karena itulah mempunyai sahabat sejati sudah menjadi sebiah kewajiban dalam hidup. Tidak cuma sebagai tempat berbagi cerita ketika suka dan duka, sahabat juga berefek baik terhadap kesehatan kita. Bahkan, para peneliti belum lama ini menemukan sebuah fakta bahwa persahabatan yang erat ketika remaja bisa membantu menjaga kesehatan mental yang baik sampai saat dewasa.

Menjalin sebuah hubungan yang sehat memang tidak terbantahkan akan membawa banyak manfaat baik dalam hidup kita. Hal inilah yang kemudian membuat para peneliti untuk mulai meneliti dampak dari persahabatan yang kuat terhadap kesehatan mental seseorang. Salah seorang peneliti dan beberapa peneliti lain dari Fakultas Psikologi University of Virginia di Amerika Serikat, Rachel K. Narr, Ph.D., melakukan pengamatan jangka panjang terhadap persahabatan yang sudah dibina sejak masih remaja.

Penelitian yang dimasukkan ke dalam Journal Child Development ini menyatakan bahwa remaja yang punya persahabatan akrab cenderung lebih jarang terserang stres ketimbang remaja yang tidak memiliki sahabat. Para remaja yang punya persahabatan akrab umumnya merasa lebih bahagia, merasa dihargai, dan bisa meningkatkan kemampuannya di bidang akademis. Dari hasil studi tersebut, kemudian  para peneliti tertarik mencari tahu apakah berbagai manfaat tersebut akan bertahan sampai dewasa. Rachel K. Narr dan rekannya kemudian meneliti 170 orang remaja berusia 15 tahun, dan terus mengikuti perkembangan mereka 10 tahun kemudian.

Para peserta dalam penelitian tersebut diminta untuk mengisi kuesioner tentang sosok teman-temannya sekaligus bagaimana kualitas pertemanan mereka. Tidak cuma itu, para peneliti juga melakukan sebuah wawancara untuk mengetahui keadaan emosional para remaja, khususnya tentang kegelisahan, harga diri, depresi, dan penerimaan diri dalam lingkungan sosial mereka.

Mayoritas remaja yang menjadi peserta penelitian berpendapat bahwa pertemanan yang berkualitas berarti masing-masing orang saling menghargai, percaya, dan mendukung. Itulah sebabnya akan lebih mudah bagi para remaja untuk berbagi hal yang sedang dirasakan, yang mungkin saja terasa sulit untuk mereka bagian kepada orang lain pada umumnya.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *