LOADING

Type to search

Rokok & Alkohol Bisa Rusak Organ Hati

Seputar Narkoba

Rokok & Alkohol Bisa Rusak Organ Hati

Share

Hati (liver) adalah organ paling besar di tubuh manusia dan punya peran dan tanggung jawab yang juga besar, yaitu menyaring darah, memproses nutrisi, memproduksi protein yang dibutuhkan untuk pengentalan darah membantu melawan infeksi, dan masih banyak lagi perannya.

Tetapi semua fungsi hati tersebut sangat rentan akan serangan beberapa hal, yang bisa menyebabkannya rusak, muncul luka parut (sirosis) atai bahkan sampai gagal fungsi ataupun kanker. Jika kamu tetap ingin hatimu tetap sehat, hindari rokok dan alkohol!

Merokok

Satu lagi alasan untuk berhenti merokok selain bisa menyebakan kecanduan adalah bisa meningkatkan risiko baik kanker hati dan sirosis hati. Zat kimia dalam asap rokok bisa menyebabkan inflamasi dan pada akhirnya sirosis. Merokok juga akan meningkatkan produksi sitokin, zat yang bisa memperparah inflamasi dan kerusakan pada sel-sel hati.

Mereka yang terkena hepatitis B dan C yang merokok punya risiko yang sangat tinggi terkena kanker hati.

Alkohol

Alkohol juga penyebab utama dari sirosis dan penyakit hati lainnya. Diperkirakan 10-15% mereka yang merupakan peminum alkohol berat punya luka parut di hati. Karena itulah disarankan untuk minum dengan jumlah yang tidak berlebihan, atau tidak minum sama sekali. Untuk wanita, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 1 minuman beralkohol tiap hari. Sedangkan pria, tidak lebih dari 2 minuman, dan juga harus perhatikan porsinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *