LOADING

Type to search

Remaja Paling Rentan Lakukan Penyalahgunaan Benzodiazepine

Seputar Narkoba

Remaja Paling Rentan Lakukan Penyalahgunaan Benzodiazepine

Share

Benzodiazepine masuk ke dalam golongan obat penenang yang biasa dipakai untuk membantu mengatasi keluhan cemas, gelisah, sampai insomnia yang dirasakan oleh mayoritas pasien yang mengalami gangguan kecemasan. Tetapi ternyata benzodiazapine sangat rentan untuk disalahgunakan, khususnya oleh para remaja.

Minim Pemahaman tentang Bahaya dan Efek Samping

Koordinator Persaudaraan Korban NAPZA Indonesia (PKNI), Edo Agustian, mengungkapkan bahwa ada alasan khusus kenapa remaja menjadi rentan menyalahgunakan obat penenang ini. Penyebabnya adalah masih kurangnya pemahaman dan info tentang bahaya dan efek samping pemakaian obat penenang yang tidak disertai resep dokter.

Salah satu contoh yang paling nyata menurut Edo bisa kita lihat pada anak-anak jalanan yang terbiasa ‘ngelem’. Anak-anak yang sehari-hari menghabiskan waktunya di jalanan ini seakan tidak tahu apa zat yang mereka hirup dan kenapa bisa timbul sensasi seperti terbang dan melayang, atau yang biasa juga disebut dengan ‘high’.

Sejatinya Membantu Masa Pemulihan Korban NAPZA

Edo yang memiliki pengalamannya mengadvokasi korban NAPZA, menyebut bahwa benzodiazepine punya efek menenangkan. Obat yang satu ini biasanya dipakai oleh para mantan pecandu NAPZA yang sedang menjalani masa pemulihan dan juga sedang mengalami gejala putus obat.

Tapi belakangan, benzodiazepine sering disalahgunakan dan akhirnya bisa berakibat buruk bagi mereka yang menyalahgunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ingat jauhi narkoba dan jangan sekali-kali menyalahgunakan obat apapun jenisnya, termasuk obat penenang benzodiazepine!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *