LOADING

Type to search

Probuphine Mampu Atasi Ketergantungan Narkoba dengan Implan

Seputar Narkoba

Probuphine Mampu Atasi Ketergantungan Narkoba dengan Implan

Share

FDA (badan administrasi pangan dan obat-obatan Amerika Serikat) sudah menyetujui penggunaan obat dalam bentuk implan lengan untuk mengobati ketergantungan heroin dan opioid lainnya. Implan ini adalah terobosan terbaru dalam upaya mengatasi ketergantungan opioid yang selama ini masih sangat sulit untuk diatasi.

Para ahli pun sudah banyak yang menyatakan bahwa implan ini bisa dipakai untuk menjaga supaya pengguna yang sudah menjadi pecandu bisa mendapatkan pengobatan yang benar.

Implan yang memiliki bentuk mirip batang korek api ini disebut dengan Probuphine yang mengandung buprenorphine (obat yang dipakai untuk membantu mengatasi ketagihan dan putus obat). 4 buah implan yang akan dimasukkan ke lengan atas dalam satu waktu ini akan mampu memberi dosis obat yang dilepaskan secara perlahan selama 6 bulan.

Buprenorphine selama ini  tersedia dalam bentuk selaput atau tablet yang larut di dalam mulut, tetapi seringkali mereka yang kecanduan tidak mengkonsumsinya atau menggantinya dengan narkotik yang ilegal. Bahkan pada beberapa kasus, obat ini malah dijual ke pecandu lainnya. Karena dalam bentuk implan, diharapkan perilaku pecandu yang tidak benar tersebut bisa dicegah.

Badan administrasi pangan dan obat-obatan Amerika Serikat (FDA) sudah menyetujui penggunaan probuphine pada penderita kecanduan yang sudah dinilai stabil dengan dosis buprnorphine sedang/rendah. FDA juga merekomendasikan pemberian Probuphine yang disertai dengan sesi konsultasi serta dukungan psikososial yang cukup dari teman, keluarga dan layanan kesehatan.

Penyedia layanan kesehatan wajib mengikuti program pelatihan pemasangan implan sebelum berhak mendapat sertifikat dari badan administrasi pangan dan obat-obatan Amerika Serikat. Cuma penyedia yang sudah memiliki sertifikat lah yang diperbolehkan memasang implan pada pasien pecandu.

Tapi tidak beda dengan obat pada umumnya, proburphine juga mempunya efek samping, seperti rasa gatal, nyeri, dan kemerahan di lokasi implan dipasang. Efek samping lainnya adalah depresi, nyeri kepala dan sebagainya. Walaupun ada efek samping, keampuhan proburphine untuk mengatasi ketergantungan narkoba sudah disahkan oleh FDA.

Lalu, kapan ya inovasi ini masuk ke Indonesia? JIka harganya tidak terlalu mahal,  pasti akan semakin mempermudah proses rehabilitasi para pecandu narkoba.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *