LOADING

Type to search

Pernah Lihat Aksi Bunuh Diri? Ini Saran Psikolog Supaya Tidak Trauma

Seputar Narkoba

Pernah Lihat Aksi Bunuh Diri? Ini Saran Psikolog Supaya Tidak Trauma

Share

Cukup banyak orang yang melihat aksi nekat seorang pria yang melompat dari lantai 3 Pondok Indah Mall (PIM) 2 pada bulan Maret lalu merasa trauma. Bahkan kabarnya ada yang sampai tidak ingin ke tempat tersebut sampai saat ini. Trauma yang dialami mereka yang melihat aksi nekat itu bisa saja terus melekat dalam waktu yang lama.

Veronica Adesla, MPsi, seorang psikolog klinis dari Personal Growth, memberikan beberapa saran supaya trauma tersebut bisa hilang dengan cepat.

Langkah awal adalah dengan menceritakan kejadian itu pada orang lain, tetapi harus mereka yang dalam kondisi sehat dan punya kapasitas untuk mendengar dan menerima cerita dari sudut pandang yang netral. Bukan mereka yang justru membuat keadaan tambah panik atau ikut panik.

Kalau merasa trauma itu cukup mengganggu dan tidak menemukan orang yang mampu mendengarkan cerita tersebut, ada baiknya menceritakan pada profesional tenaga kesehatan yang memang kompeten dalam menangani atau mendampingi korban trauma.

Dengan menceritakan kejadian tersebut, mereka yang trauma sudah mengeluarkan sebagian gambaran ketakutan dan kengerian yang mereka alami dan hal ini bisa membantu menurunkan kadar trauma yang dialaminya.

Saat kondisi sudah lebih tenang, berkumpul bersama dengan orang yang juga melihat kejadian untuk saling sharing dan membentuk support group juga bisa sangat membantu. Pertemuan ini sangat disarankan untuk difasilitasi oleh tenaga kesehatan yang kompeten atau berpengalaman menangani atau mendampingi korban trauma.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *