LOADING

Type to search

Penyakit-penyakit Ini Bisa Sebabkan Halusinasi

Seputar Narkoba

Penyakit-penyakit Ini Bisa Sebabkan Halusinasi

Share

Ada cukup banyak penyebab halusinasi dan salah satunya adalah dari penyakit-penyakit mental. Penyakit mental apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Skizofrenia

Diketahui, lebih dari 70 persen mereka yang menderita gangguan mental ini mengalami halusinasi visual, dan sekitar 60-90 persen bisa mendengar suara-suara yang sejatinya tidak pernah ada. Dalam beberapa kasus juga ada yang bisa mencium bau dan mengecap sesuatu yang juga sebenarnya tidak ada.

Parkinson

Sampai separuh dari mereka yang memiliki kondisi ini kadang melihat hal-hal yang sebenarnya tidak pernah ada.

Migrain

1/3 dari mereka dengan jenis sakit kepala migrain punya “aura”, salah satu jenis dari halusinasi visual. Aura biasanya tampak mirip  cahaya bulan sabit yang berwarna warni.

Tumor otak

Halusinasi bisa terjadi tergantung pada lokasi tumor di organ otak. Kalau tumor berada di daerah yang berhubungan dengan penglihatan, maka biasanya bisa memiliki halusinasi visual. Mereka mungkin bisa melihat bintik-bintik atau bentuk cahaya. Tumor pada bagian lain di otak juga bisa menyebabkan halusinasi pengecapan dan penciuman.

Sindrom Charles Bonnet

Sindrom ini menyebabkan mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti degenerasi makula, glaukoma, atau katarak untuk mengalami halusinasi visual.

Epilepsi

Kejang yang disertai dengan epilepsi bisa membuat penderitanya lebih rentan berhalusinasi. Jenis halusinasinyatergantung pada bagian otak yang terpengaruh.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *