LOADING

Type to search

Pecandu Narkoba Kambuh Saat Perawatan? Mungkin Ini Penyebabnya

Seputar Narkoba

Pecandu Narkoba Kambuh Saat Perawatan? Mungkin Ini Penyebabnya

Share

Supaya bisa beraktivitas normal, mereka yang merupakan pecandu narkoba diharapkan untuk bisa mengikuti perawatan atau rehabilitasi. Tetapi, ada beberapa pecandu yang kemudian kembali memakai narkoba ( (kambuh) saat menjalani perawatan.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Menurut seorang psikolog klinis bernama Alexandra Gabriella MPsi Psi Cht, memakai narkoba lagi ketika sedang menjalani perawatan bisa disebabkan oleh pola pikir yang belum mantap meskipun pecandu tersebut sedang menjalani perawatan. Para pecandu sebenarnya sudah sadar atau sudah tahu bahwa narkoba itu tidak sehat tapi masih saja dikonsumsi karena adanya rasa enak yang ditimbulkan.

Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh kurangnya dukungan sosial, yang sayangnya memang sering dialami oleh para pecandu narkoba. Karena pada dasarnya seseorang bisa mengonsumsi narkoba karena mempunyai latar belakang yang tidak atau kurang mendukung.

Kurangnya perhatian dari lingkungan, baik itu keluarga maupun lingkungan sekitar, bisa membuat seorang pecandu balik lagi ke lingkungan yang sebagian besar memakai narkoba. Hal ini dirasa masih sangat sering terjadi karena saat ini di masyarakat pecandu masih mempunhai stigma negatif.

Kepribadian impulsif juga bisa menjadi penyebab

Kekambuhan juga rentan terjadi pada pecandu yang diketahui mempunyai kepribadian implusif. Kenapa demikan? Karena mereka kurang mampu mengontrol sebuah keinginan dan kurang bisa mempertimbangkan risiko jangka panjang.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Jika ada kerabat atau teman yang terkena narkoba dan saat ini sedang menjalani program rehabiltasi, rangkul dan dukunglah ia sehingga kemungkinan ia kembali memakai narkoba bisa diminimalisir!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *