LOADING

Type to search

Pantangan Selepas Rehabilitasi untuk Eks Pecandu Narkoba

Seputar Narkoba

Pantangan Selepas Rehabilitasi untuk Eks Pecandu Narkoba

Share

Cukup mirip dengan seseorang yang terkena penyakit, supaya bisa pulih dari pengaruh narkoba, pecandu narkoba harus menjalani pengobatan atau rehabilitasi. Tidak hanya itu, setelah pulih pun para eks pecandu narkoba ini memiliki pantangan agar kecanduannya tersebut tidak kambuh.

Dilarang Memakai HP

Setelah perawatan, eks pecandu narkoba tidak disarankan untuk aktif memakai handphone (HP) atau telepon genggam. Kenapa demikan? Menurut Kepala sub bidang masyarakat dan pendidikan Badan Narkotika Nasional (BNN), Sudirman SAg, MSi. mereka yang dulunya pecandu dan baru menjalani rehabilitasi disarankan untuk tidak memakai HP, minimal selama 1-2 tahun.

HP tidak boleh dimiliki karena besar kemungkinan eks pencandu narkoba mengalami relaps (kambuh memakai narkoba) karena kemungkinan dihubungi kurir atau pengedar lagi cukup besar.

Tingkat Relaps Mencapai 70%

Sudirman SAg menjelaskan, dari data BNN yang ia dapat, tingkat relaps seorang eks pecandu narkoba persentasenya sangat besar, yaitu 70%. Tidak hanya itu, risiko relaps juga bisa lebih besar akibat kurangnya dukungan dan pantauan dari keluarga atau orang-orang dekat yang ada di sekitarnya.

Menurut Sudirman, kalau sudah dikembalikan ke keluarga, tidak ada dukungan dan pantauan sehingga akhirnya eks pecandu narkoba kembali memakai narkoba. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh pihak, termasuk keluarga, supaya mau bekerjasama membantu memberantas narkoba dan tunjukkan rasa peduli terhadap para pecandu supaya tidak lagi memakai narkoba.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *