LOADING

Type to search

Panduan Menolong Orang yang Keracunan Miras Oplosan

Seputar Narkoba

Panduan Menolong Orang yang Keracunan Miras Oplosan

Share

Tidak sama dengan minuman alkohol bermerek yang sudah mendapat izin produksi dan pemasaran, pada miras oplosan selain tidak ada izin produksi, tidak jelas juga berapa persen kandungan metanol dan etanol. Apa bedanya metanol dengan etanol?

Etanol merupakan alkohol yang biasa dipakai dalam minuman beralkohol dan diproduksi oleh fermentasi gula oleh ragi. Sedangkan Metanol adalah alkohol yang paling sederhana yang ditemukan dalam kimia dan volatile dan mudah terbakar. Methanol sangat beracun dan itulah sebabnya tidak cocok untuk di konsumsi manusia.

Mirisnya, pada miras oplosan yang sering ditemui, kandungan etanolnya biasanya sangat rendah tetapi metanolnya sangat tinggi bahkan bisa melebihi 50%. Metanol dan etanol memiliki bau dan bentuk cairan yang mirip, dan karena itulah mereka yang sudah kecanduan alkohol lebih memilih menggunakan methanol dibandingkan etanol karena harga yang lebih murah.

Efek kesehatan yang ditimbulkan dari methanol

Efek kesehatan yang ditimbulkan oleh methanol berupa multiple organ failure (kegagalan organ-organ) yang akan 4 fase toksik:

  • Fase pertama, adanya penekanan sistem saraf pusat yang timbul dalam waktu 30 menit-2 jam pertama. Gejalanya adalah: meningkatkan kerja jantung, mual, muntah, vertigo, rasa kantuk, gastritis, diare, sakit punggung.
  • Fase kedua merupakan fase laten mengikuti depresi sistem saraf pusat
  • Fase ketiga akan terjadi asidosis metabolik berat
  • Fase keempat adalah toksisitas pada mata, diikuti dengan kebutaan, kejang, gagal ginjal akut disertai mioglobulinuria , koma, dan bisa berujung pada maut (kematian).

Pertolongan Pertama

Jika ia masih sadar, usahakan untuk memberikannya banyak minum air putih untuk membantu menghindari terjadi dehidrasi dan mengurangi kadar racun didalam tubuhnya. Setelahnya, segera bawa ke fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit. Di sana, ia akan diberikan anti-dotum dari metanol yaitu etanol  atau fomepizole. Dua bahan ini akan menghambat alkohol dehidrogenase, sehingga membantu mengurangi konversi metabolisme metanol menjadi metabolit toksik (asam format).

Semakin cepat anti dotum maka akan semakin baik. Tapi jika kondisinya sudah terlanjur melewati fase laten, biasanya pemberian etanol tidak akan berefek pada proses detoksifikasi karena sudah terjadi proses perubahan formaldehid menjadi  asam format.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *