LOADING

Type to search

Obat Terbaik untuk Gangguan Cemas. Ada?

Seputar Narkoba

Obat Terbaik untuk Gangguan Cemas. Ada?

Share

Sama dengan gangguan dan penyakit mental lain, gangguan cemas atau gangguan kecemasan juga dibantu pengobatannya dengan obat, baik itu obat yang sifatnya fisik sebuah obat dan terapi-terapi. Tapi pertanyaan selanjutnya, adakah obat terbaik untuk gangguan cemas?

Psikofarmaka

Obat-obatan berbentuk fisik seperti antidepresan golongan SSRI (Serotonin Selective Reuptake Inhibitor) cukup lama dinilai dari berbagai penelitian sebagai obat yang tepat untuk mengatasi berbagai gangguan kecemasan. Dulu sebelum obat ini ditemukan, pengobatan dengan obat golongan anticemas Benzodiazepine merupakan pilihan utama.

Obat seperti Alprazolam adalah salah satunya. Tetapi dengan perkembangan waktu dan semakin banyaknya kasus-kasus ketergantungan dan toleransi obat, belakangan penggunaannya diwaspadai dan tidak dipakai secara tunggal sebagai obat gangguan cemas yang membutuhkan pengobatan jangka waktu lama.

Pengobatan pasien gangguan kecemasan dengan antidepresan SSRI juga diketahui butuh waktu yang tidak sebentar, antara 12-18 bulan pengobatan supaya kekambuhan bisa diminimalisir. Pemakaian obat ini wajib sesuai petunjuk dokter dan sangat bersifat individual yang artinya tiap individu punya waktu yang tidak sama, tergantung dengan kondisi sakitnya.

Psikoterapi

Psikoterapi memakai cara-cara psikologis dalam proses pengobatan. Terapi kognitif seperti CBT (Cognitive Behavior Therapy) merupakan salah satu yang paling sering dipakai untuk membantu mengobati pasien yang mengalami gangguan cemas. tidak hanya itu, psikoterapi berorientasi tilikan seperti psikoanalisis juga bisa dilakukan.

Secara teori untuk melakukan psikoterapi, seorang praktisi wajib tahu tentang psikodinamika kepribadian manusia.  Tanpa mempelajari dinamika kepribadian dan berlatih secara benar, seseorang tidak bisa mengklaim dirinya bisa melakukan psikoterapi bahkan untuk psikoterapi suportif sekalipun.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *