LOADING

Type to search

Nikotin Rokok, Rajanya Bikin Adiksi!

Seputar Narkoba

Nikotin Rokok, Rajanya Bikin Adiksi!

Share

Mungkin sudah ada dari kamu yang tahu bahwa ada beberapa level zat yang adiksi (bisa membuat orang kecanduan), mulai yang paling rendah (ringan) sampai tinggi (berat). Dan ternyata nikotin yang biasa ada di dalam sebatang rokok adalah sang raja dari raja zat-zat yang bikin adiksi.

Menurut dr Hakim Sorimuda Pohan, SpOG, berdasarkan ilmu kedokteran, ada 6 level zat yang membuat orang adiksi. Berikut adalah 6 level zat adiksi (kecanduan) berdasarkan ilmu kedokteran.

  1. Adiksi kopi kafein (zat yang paling ringan penyebab candu)
  2. Adiksi ganja (marijuana)
  3. Adiksi minuman keras/beralkohol
  4. Adiksi heroin
  5. Adiksi morfin
  6. Adiksi nikotin

dr Hakim Sorimuda Pohan, SpOG, menjelaskan, di buku kedokteran belum ada adiksi nomor 7, jadi bisa disimpulkan, nikotin itu biangnya candu, raja dari raja. Kecanduan nikotin lebih tinggi levelnya dari adiksi morfin, adiksi morfin lebih tinggi levelnya dari adiksi heroin dan seterusnya.

dr Hakim menambahkan, hal ini sering tidak disadari oleh banyak orang karena mereka menyangka adiksi rokok adalah adiksi yang paling ringan. Padahal kenyatannya, justru nikotin adalah raja dari raja zat yang bikin adiksi. Karena itu tidk heran jika banyak perokok yang merasa sangat berat untuk stop merokok.

Kamu sampai saat ini belum berhenti merokok? Segeralah cari solusi untuk menghentikannya karena sudah dijelaskan di atas bahwa rokok adalah rajanya candu (adiksi). Segeralah menjalani gaya hidup sehat dan selalu katakan tidak untuk narkoba apapun jenisnya!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *