LOADING

Type to search

Narkoba Baru Mirip Ekstasi Beredar di Palembang

Seputar Narkoba

Narkoba Baru Mirip Ekstasi Beredar di Palembang

Share

Walaupun sudah jelas masuk ke dalam golongan barang haram atau ilegal, saat ini semakin banyak saja bermunculan narkoba dengan jenis baru yang tidak kalah membahayakan jika digunakan. Satu jenis narkoba terbaru yang ditemukan oleh pihak kepolisian dan sudah beredar di Palembang, Sumatera Selatan, adalah narkoba yang mengandung Epilon.

Seperti Apa Narkoba Jenis Baru Ini?

Narkoba yang hampir serupa dengan ekstasi ini mampu memberikan efek halusinasi yang sangat membahayakan mereka yang menggunakannya. Pihak berwajib, Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel, menemukan narkoba Epilon yang jumlahnya cukup fantastis, yaitu 1.180 butir. Narkoba epilon tersebut masuk ke dalm golongan 1 dan dikemas di dalam kotak rokok agar tidak mudah dilacak oleh pihak berwajib.

Menurut AKBP Made Swetra, Kasubid Narkoba Forensik Laboratorim Forensik (Labfor) Polda Sumsel, narkoba ini mampu menyebabkan efek halusinasi berlebih, semangat tinggi tapi menurunkan nafsu makan. Biasanya, Tim Forensik cuma membutuhkan waktu 2 hari saja untuk mengecek kandungan narkoba. Tetapi, untuk narkoba jenis baru ini baru bisa didapatkan hasilnya setelah 3 haru dilteliti oleh laboratorium dan forensik atau labfor.

Berapa Harganya?

Dari pengakuan kedua tersangka yang diamankan oleh pihak berwajib, narkotika mirip ekstasi tersebut biasa mereka jual seharga Rp 250.000 sampai Rp 300.000 tiap butirnya. Mereka biasa menjualnya di beberapa tempat hiburan malam yang ada di Palembang.

Mereka yang saat ini sudah menjadi tersangka terancam Pasal 114 ayat 2, subsider Pasal 112 ayat 1 jo Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009. Mefreka juga terancam dihukum penjara maksimal 20 tahun dan denda maksimal Rp 10 miliar.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *