LOADING

Type to search

Minum Jamu Bikin Ketagihan. Mitos atau Fakta?

Seputar Narkoba

Minum Jamu Bikin Ketagihan. Mitos atau Fakta?

Share

Jamu adalah minuman tradisional yang sering dikonsumsi sebagai pengobatan alami yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Sebagai salah satu jenis obat tradisional, jamu punya banyak rasa dan mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mereka yang mengkonsumsi minum jamu tidak harus menunggu karena alasan sakit, mereka yang sehat juga bisa mengkonsumsi jamu untuk menjaga staminanya tanpa takut mengalami efek ketagihan.

Walaupun tidak akan menyebabkan ketagihan, jenis pengobatan yang satu ini punya beberapa banyak efek yang bisa dirasakan oleh tubuh bagi mereka yang sering mengkonsumsi jamu sebagai pengobatan. Menurut Bahdar Johan M.Pharm, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen, jamu tidak sama dengan obat yang sudah jelas ada efek sampingnya. JIka minum jamu dan mau berhenti kapan saja tidak akan punya efek adiksinya (ketagihan).

Tetapi, minum jamu untuk beberapa orang bisa menyebabkan alergi, walaupun kasusnya terbilang jarang ditemui. Menurutnya, cara mengetahui apakah jamu yang dikonsumsi cocok untuk tubuh adalah dengan mencicipinya. Kalau reaksi tubuh adalah menolak itu artinya jamu itu tidak cocok kamu minum. Penolakan ini adalah mekanisme alamiah tubuh kita yang menyatakan jamu itu sebaiknya tidak masuk ke dalam tubuh.

Selalu konsumsi jamu yang sudah dijamin dan direkomendasikan oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Kenapa? Selain sudah pasti aman untuk tubuh, mungkin saja tubuh menolak jamu yang ternyata dicampur bahan kimia obat sehingga muncul reaksi penolakan dari tubuh kita.

Supaya kita bisa merasakan manfaat jamu secara maksimal, selalu cermat mulai dari pemilihan jamu sampai cara konsumsinya sangat disarankan. Baca lebih dulu label yang tertera pada produk jamu, ikuti petunjuk dan jangan mengkonsumsi melebihi aturan yang ditetapkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *