LOADING

Type to search

Mereka yang Single Lebih Rentan Alami Gangguan Mental

Seputar Narkoba

Mereka yang Single Lebih Rentan Alami Gangguan Mental

Share

Masalah kesehatan mental diketahui lebih sering terjadi pada mereka yang masih hidup sendirian dan kesepianlah yang menjadi faktor utamanya. Berdasarkan sebuah studi terbaru, hidup sendiri berhubungan dengan gangguan mental, terlepas dari usia dan jenis kelamin. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE, mengungkapkan adanya hubungan antara mereka yang tinggal sendirian dan masalah kesehatan mental. Penelitian ini mengumpulkan data dari 20.500 berusia 16-64 tahun orang yang bermukim di negara Inggris.

Di Inggris, jumlah mereka yang hidup sendiri mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir karena adanya penuaan populasi, rendahnya tingkat pernikahan dan juga turunnya  tingkat kesuburan. Penelitian sebelumnya sudah menyelidiki hubungan antara hidup sendiri dan gangguan mental namun biasanya sudah dilakukan pada populasi lansia dan tidak bisa digeneralisasi untuk usia dewasa yang usianya lebih muda.

Secara keseluruhan, kesepian menduduki urutan paling tinggi penyebab gangguan mental partisipan dalam penelitian tersebut. Karena itulah, para peneliti menyarankan adanya bantuan (intervensi) dari sahabat atau teman untuk membantu mengatasi kesepian dan membantu mensejahterakan mereka yang diketahui hidup sendiri.

Cobalah ajak mereka yang untuk bersosialisasi dan tidak hanya mengurung diri saja di rumah. Ini penting supaya mereka yang hidup sendiri menjad lebih terbuka dengan lingkungan yang lebih luas dan kemungkinan untuk menemukan pasangan hidup menjadi lebih terbuka lebar. Ingat, kesepian sangat berbahaya karena mungkin saja berawal dari kesepian berubah menjadi gangguan mental seperti depresi dan akhirnya berujung pada bunuh diri.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *