LOADING

Type to search

Mengenal Lebih Dekat Vaksin untuk Para Pecandu Narkoba

Seputar Narkoba

Mengenal Lebih Dekat Vaksin untuk Para Pecandu Narkoba

Share

Pasti banyak dari Anda yang sudah mengenal vaksin sebagai salah satu bentuk pencegahan terhadap penyakit infeksi. Tapi tahukah Anda bahwa saat ini juga ada vaksin yang bisa digunakan untuk pecandu narkoba. Tidak beda dengan vaksin pada umumnya, vaksin yang digunakan untuk pecandu narkoba pun disuntikkan ke dalam tubuh. Perbedaanya, vaksin ini bertujuan untuk melawan obat yang menimbulkan ketergantungan pada pecandu narkoba.

Vaksin yang diberikan ini akan memicu respon kekebalan tubuh dalam bentuk antibodi, yang kemudian akan melawan obat target di dalam darah sebelum melewati sawar darah otak, yaitu penghalang antara cairan otak dan pembuluh darah. Contohnya, antibodi yang diproduksi oleh vaksin untuk melawan heroin akan mencegah zat yang menyebabkan euforia untuk masuk ke dalam otak. Sisi positifnya, vaksin ini tidak bakal menghambat zat sejenis yang diproduksi sendiri oleh otak.

Pengembangan vaksin untuk melawan ketergantungan narkoba ini sudah dimulai sejak 20 tahun yang lalu. Akan tetap, dalam proses pembuatannya terdapat banyak sekali halangan dan tantangan. Hal inilah yang mengakibatkan sampai saat ini vaksin tersebut bahkan belum bisa sampai pada tahap pengujian.

Tantangan terberat adalah membuat vaksin yang bisa memicu respon sel pembentuk antibodi, yang biasanya tidak bisa mendeteksi obat-obatan. Pembuatan vaksin ini butuh perpaduan yang tepat antara protein dan molekul tertentu supaya mampu merangsang pembentukan antibodi.

Tantangan selanjutnya yang tidak kalah berat adalah membuat vaksin untuk bisa memicu produksi antibodi dalam kadar tertentu yang bertahan lama, sehingga bisa membantu mencegah obat menimbulkan efek psikoaktif (mengakibatkan perubahan dalam persepsi, suasana hati dan kesadaran).

Tantangan selanjutnya adalah membuat pecandu narkoba mau rutin divaksin. Vaksin untuk pecandu narkoba ini tidak sama dengan vaksin campak yang hanya butuh disuntikkan 1-2 kali seumur hidup untuk mendapatkan kekebalan tubuh. Vaksin untuk pecandu narkoba memerlukan beberapa kali suntikan ulangan selama  1 tahun.

Semoga tantangan-tantangan di atas bisa segera ditemukan solusinya ya agar vaksin untuk para pecandu narkoba bisa segera terwujud!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *