LOADING

Type to search

Mengenal Efek Negatif Sabu-Sabu yang Dipakai Reza Bukan

Seputar Narkoba

Mengenal Efek Negatif Sabu-Sabu yang Dipakai Reza Bukan

Share

Kalangan selebriti Indonesia lagi-lagi digemparkan oleh isu pemakaian narkotika.  Kali ini giliran seorang pembawa acara televisi bernama Reza Bukan. Menurut pengakuannya, Reza sudah memakai sabu-sabu sejak tahun 2014. Memang di tahun itulah wajah Reza Bukan tidak lagi terlihat di layar televisi untuk mengisi acara musik.  Reza mengaku memakai narkoba karena merasa stres dan untuk meningkatkan semangat dirinya sendiri ketika sedang bekerja.

Sebenarnya apa saja sih efek negatif penggunaan sabu-sabu?

dr Andri, SpKJ, FAPM, seorang psikiater Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera, mengatakan bahwa methamphetamin (sabu-sabu) adalah salah satu jenis psikotropika yang bisa menstimulasi kinerja otak. Mereka yang menggunakan sabu itu akan merasa selalu segar, tidak lelah, merasa tidak butuh tidur, bahkan mampu fokus untuk yang lama.

Cara kerjanya serupa dengan stimulan lainnya, seperti kokain. Menurut dr Andri, ada orang yang sengaja memakai kokain untuk bisa menambah tenaga dan menambah gairah seksual.

Efek penggunaan sabu-sabu bisa bermacam-macam, tergantung bentuk dari narkoba tersebut. Jika dihirup seperti rokok, reaksinya sudah bisa dirasakan dalam beberapa menit saja. Sementara reaksi yang timbul jika dikonsumsi dengan ditelan efeknya baru muncul sekitar 20 menit setelah waktu konsumsi.

Efek negatif dari pemakaian sabu-sabu biasanya baru akan terasa mulai dari 4-12 jam kemudian dengan durasi efek samping yang bisa berlangsung sampai dengan a hari penuh (24 jam).

Tanda kecanduan mulai muncul

Menurut dr Andri, reaksi balik yang biasanya dirasakan oleh mereka yang mengonsumsi sabu-sabu adalah fokus yang berkurang secara signifikan, kelelahan, depresi dan sakit kepala. Saat itulah biasanya rasa kecanduan mulai muncul. Penggunaan dosis yang lebih tinggi akan menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya dan jika sudah overdosis bisa menyebabkan stroke sampai gagal jantung.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *