LOADING

Type to search

Mau Bebas dari Depresi? Matikan Lampu Ketika Tidur!

Seputar Narkoba

Mau Bebas dari Depresi? Matikan Lampu Ketika Tidur!

Share

Saat ini banyak sekali ancaman kesehatan mental yang sangat mengerikan dan serius dan salah satunya adalah depresi. Jangan pernah remehkan depresi karena depresi juga bisa mengancam nyawa Anda dan mereka yang Anda sayangi. Walau memang secara fisik mereka yang terkena depresi tidak tampak sakit, pikiran dan batin mereka sebenarnya sedang tidak sehat.

Ada banyak penyebab depresi dan salah satu yang mungkin Anda tidak sangka adalah kebiasaan saat menjelang tidur yang ternyata juga bisa memicu meningkatnya risiko depresi. Seperti sebuah info dikutip dari situs everydayhealth.com, sebuah studi menyebutkan bahwa paparan cahaya saat malam hari bisa menyebabkan kurangnya kualitas tidur, kelainan metabolik, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan lain, seperti depresi dan insomnia yang bisa meningkatkan risiko bunuh diri.

Studi tersebut menemukan bahwa bahwa semakin lama dan intens paparan tubuh terhadap cahaya di malam hari, akan semakin besar pula kemungkinan gejala depresi. Kalau dianalisa secara logika, paparan cahaya pada malam hari memang bisa mengacaukan ritme sirkadian tidur atau ritme biologis yang mengatur waktu tidur dan bangun di alam bawah sadar.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena paparan cahaya atau sinar  yang terang bisa disalahartikan oleh tubuh kita sebagai siang hari, dan tubuh menjadi tidak mendapat istirahat yang cukup karena mengira saat itulah kita berkegiatan dan bukan untuk beristirahat. Alam bawah sadar mengisyaratkan tubuh untuk tidur ketika malam hari dalam suasana yang gelap. Saat kita tidur dalam keadaan lampu yang masih menyala terang, tubuh tidak akan bisa sepenuhnya beristirahat dan hal ini bisa menyebabkan kelelahan ketika kita bangun nanti.

Saat tubuh terus-menerus kelelahan, hal ini akan meningkatkan  kadar stres dalam tubuh yang nantinya bisa menjadi sebuah depresi. Jika memang Anda tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap atau takut kegelapan, cobalah membiasakan diri secara perlahan dengan mengganti lampu kamar yang terang dengan lampu yang lebih redup dan kalau bisa tempatkan di samping tempat tidur. Dengan begini, kita bisa mengurangi risiko depresi dan bunuh diri.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *