LOADING

Type to search

Latihan Beban Bisa Kurangi Gejala Depresi?

Seputar Narkoba

Latihan Beban Bisa Kurangi Gejala Depresi?

Share

Sudah bukan rahasia lagi karena sudah banyak yang tahu bahwa olahraga tidak cuma baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan mental. Sebuah studi ilmiah yang menyoroti satu jenis olahraga yang terbukti bisa membantu meningkatkan kesehatan mental, yaitu latihan beban.

Benarkah hal tersebut?

Studi tersebut menemukan bahwa latihan beban punya efek positif pada kesehatan mental. Kesimpulan penelitian University of Limerick ini diambil setelah menganalisa hasil dari 33 penelitian klinis yang melibatkan partisipan sebanyak  1.877 orang.

Penulis studi tersebut yang telah diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry ini menganalisa apakah latihan ketahanan (RET), yang salah satunya adalah latihan beban, punya efek pada gejala umum depresi. Termasuk meneliti apakah bisa ada hubungannya dengan mood buruk, merasa tidak berharga dan kehilangan minat beraktivitas.

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa olahraga latihan ketahanan secara signifikan mampu membantu mengurangi gejala depresi. Hal ini terlepas dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, berapa banyak latihan beban yang dilakukan, dan  apakah mereka mendapat kekuatan tambahan dengan melakukannya.

Masih butuh penelitian lebih lanjut

Walaupun sudah menemukan fakta latihan beban bisa mengurangi depresi, para peneliti juga menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Ini penting untuk menentukan sejauh mana latihan beban bisa memperbaiki gejala depresi kalau dibandingkan dengan perawatan lain yang didukung bukti empiris seperti pengobatan dan rehabilitasi.

Satu hal yang perlu diingat, depresi merupakan masalah yang kompleks. Sekadar menyatakan bahwa pergi ke pusat kebugaran dan mengangkat beban akan membuat depresi lenyap begitu saja sepertinya kurang tepat. Tidak ada salahnya memang melakukan latihan beban, tapi tetap ada baiknya untuk konsultasikan dengan ahlinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba latihan beban untuk mengatasi depresi.

Semoga bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *