LOADING

Type to search

Kita Bisa Kenali Tanda-tanda Orang Depresi dari Akun Media Sosialnya

Seputar Narkoba

Kita Bisa Kenali Tanda-tanda Orang Depresi dari Akun Media Sosialnya

Share

Saat ini media sosial sudah sangat populer dan sudah menjadi gaya hidup. Beberapa media sosial yang cukup sering digunakan adalah Instagram, Twitter, dan Facebook. Media sosial memang menyenangkan, tapi ada anggapan yang mengatakan bahwa gangguan depresi seseorang bisa diketahui hanya dari media sosial.

Benarkah bisa diketahui dari akun media sosial?

Sepertinya anggapan tersebut ada benarnya karena hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa di balik postingan seseorang, ada sesuatu yang lebih mendalam yang dapat tersirat: gangguan depresi. Beberapa penelitian tersebut dilakukan untuk mendeteksi tanda-tanda depresi melalui media sosial.

Para peneliti dari Universitas Harvard dan Universitas Vermont, Amerika Serikat, menelitinya melalui foto-foto di media sosial Instagram. Hasilnya, dari 166 responden,  71 di antaranya ternyata diketahui memiliki depresi.

Penelitian ini meneliti dari ciri-ciri foto dan data lainnya yang ada hubungannya dengan Instagram, seperti berapa banyak orang yang ada dalam suatu foto yang diposting, terangnya pencahayaan suatu foto atau warna yang digunakan sebagai filter, postingan per hari, jumlah komentar dan ‘like’ setiap postingan.

Ciri-ciri akun mereka yang terkena depresi

Penelitian tersebut menyimpulkan, foto-foto yang diposting oleh mereka yang menderita depresi biasanya lebih gelap, keabuan, atau kebiruan jika dibandingkan dengan orang yang tidak depresi. Tidak hanya itu, postingan mereka yang merupakan penderita depresi menerima lebih banyak komentar tetapi mendapat lebih sedikit ‘like’. Penderita depresi juga diketahui cenderung melakukan posting gambar wajah, tetapi dengan  sedikit orang di dalamnya.

Jadi berdasarkan penelitian tersebut bisa kita simpulkan bahwa media sosial benar-benar bisa mengungkapkan hal yang tersirat dan salah satunya adalah kecenderungan depresi. Ingat, jangan sekali-kali menganggap remeh gangguan mental karena sangat berhubungan dengan risiko bunuh diri. Jika Anda mengenal seseorang yang akun media sosialnya seperti yang disebutkan di atas, cobalah membantunya agar hal-hal yang buruk bisa diminimalkan risikonya.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *