LOADING

Type to search

Kerabat Pemakai Narkoba? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Seputar Narkoba

Kerabat Pemakai Narkoba? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Share

Tiap orang memiliki risiko menggunakan narkoba, termasuk para kerabat dekat. Nah, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, ada sesuatu yang bisa Anda lakukan ketika mengetahui ada kerabat dekat yang memakai narkoba. Menurut seorang ahli psikologi, Alexandra Gabriella MPsi Psi Cht, saat mengetahui ada kenalan atau kerabat yang memakai narkoba, kita bisa mengajaknya untuk   bicara baik-baik.

Tetapi ada baiknya sebelum melakukan itu kita melakukan observasi terlebih dahulu apakah ia sudah sangat terpengaruh narkoba atau baru dalam tahap ringan. Kenapa? Karena mereka yang sudah sangat ketergantungan atau terpengaruh oleh narkoba kebanyakan tidak akan sedikit pun peduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Sedangkan kalau belum sangat ketergantungan atau terpengaruh, bisa kita ajak bicara baik-baik. Tapi ingat, jangan langsung melarangnya dengan berkata kamu tidak boleh pakai ini’ karena justru bisa membuat ia makin tertantang untuk menggunakannya lagi.

Untuk pengguna narkoba yang masih bisa dikontrol, Alexa mencontohnya untuk mengajak pengguna narkoba bicara atau bertukar pikiran, seperti ‘apa sih yang kamu cari? Apa yang kamu nggak dapet doi rumah sehingga pakai narkoba? Pertimbangkan risiko kalau kamu pakai narkoba, kalau lebih besar risikonya apakah bagus?’. Pengguna narkoba juga sebaiknya ditanya ‘Bagaimana cara atau apa sulitnya meninggalkan narkoba?’. Karena biasanya masyarakat awam tidak paham masalah yang terjadi pada seorang pecandu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara-cara bicara di atas hanya bisa dilakukan dengan pengguna yang masih dalam tahap ringan. Jika sudah terlalu ketergantungan, segeralah bawa ia ke pusat rehabilitasi untuk mendapatkan perawatan yang tepat!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *