LOADING

Type to search

Kencan Online Bisa Picu Rendahnya Kepercayaan Diri dan Depresi

Seputar Narkoba

Kencan Online Bisa Picu Rendahnya Kepercayaan Diri dan Depresi

Share

Beberapa tahun belakangan, aplikasi kencan online semakin populer dan cukup banyak kalangan yang mengatakan bahwa aplikasi ini bisa membantu seseorang untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis.  Tapi apakah semua kencan online ini bisa membuat Anda lebih bahagia? Ternyata tidak juga karena justru bisa menyebabkan depresi.

Bagaimana Kencan Online Picu Depresi?

Saat menggunakan aplikasi kencan online, penggunanya biasanya akan mengirim pesan terlebih dulu ke pada pengguna lain yang menarik hatinya. Dari sinilah masalah berawal karena kebanyakan pesan yang dikirimkan biasanya tidak dijawab. Penolakan seperti ini sudah pasti menyakitkan hati pengguna yang mengirimkan pesan tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2011 yang dilakukan oleh Prosiding National Academy of Sciences, sebuah penolakan bisa merangsang bagian otak yang akan memprosesnya menjadi rasa sakit fisik. Menurut para penulis penelitian tersebut, otak kita ternyata tidak bisa membedakan antara patah tulang dan dan patah hati.

Tidak seperti penolakan secara langsung, ketenaran kencan online justru membuat kesempatan pengguna untuk merasa ditolak lebih cepat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan adanya benturan kesehatan mental dan salah satunya bisa menyebabkan depresi.  Alih-alih penolakan secara langsung, popularitas kencan online justru memberi pengguna lebih banyak kesempatan untuk merasa ditolak lebih cepat. Inilah yang kemudian mampu membentur kesehatan mental, salah satunya memicu depresi.

Cara Atasi Depresi

Dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi, konsultasi langsung dengan dokter psikiatri tampaknya adalah cara yang ampuh. Melalui konsultasi dengan dokter spesialis psikiatri, mood dan sifat yang dimiliki oleh mereka yang depresi akan bisa mudah diketahui. Untuk pengobatan depresi berkisar dari obat-obatan dan terapi konseling, tergantung dari berat tidaknya depresi yang diidap.

Penjelasan di atas menjelaskan kepada kita semua bahwa kencan online ternyata memang rentan memicu rendahnya kepercayaan diri dan depresi bagi para penggunanya. JIka Anda sering menggunakannya, ada baiknya mulai dari sekarang untuk membatasi penggunaan aplikasi kencan online agar tidak berisiko terkena depresi.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *