LOADING

Type to search

Kenapa Obat-obatan Penghilang Rasa Sakit Bisa Menjadi Adiktif?

Seputar Narkoba

Kenapa Obat-obatan Penghilang Rasa Sakit Bisa Menjadi Adiktif?

Share

Obat-obatan penghilang rasa sakit yang bisa kita beli dengan mudah di apotik dan toko obat memang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit, tapi tahukah Anda bahwa obat-obatan ini adiktif karena bisa menyebabkan kecanduan?

Dalam pemakaian jangka pendek, obat-obatan ini memang aman, tapi dalam pemakaian jangka panjang, obat-obatan penghilang rasa sakit bisa menyebabkan ketergantungan fisik Anda. Tubuh akan terbiasa (beradaptasi) terhadap kehadiran zat-zat tersebut dan saat seseorang berhenti memakainya secara mendadak, gejala putus zat akan ia rasakan. Atau bisa juga tubuh kita bisa meningkatkan toleransinya terhadap obat, yang artinya dosis yang lebih tinggi harus dikonsumsi agar efek yang sama bisa dirasakan.

Tidak beda dengan obat-obatan lainnya, obat-obatan penghilang rasa sakit cuma menutupi rasa sakit ketika dikonsumsi dan sejatinya tidak menyembuhkan apa pun. Seseorang yang terus berusaha mengurangi rasa sakit bisa menemukan dirinya memakai dosis yang semakin tinggi dan menemukan bahwa dirinya tidak dapat melalui harinya tanpa mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit tersebut.

Gejala putus zat pun tidak bisa dianggap sepele karena kita akan merasakan gelisah, insomnia, sakit tulang dan otot, diare, muntah-muntah, cold turket (menggigil diikuti dengan merinding) dan menggerakkan kaki di luar kendali.

Salah satu efek samping yang serius dari obat penghilang rasa sakit adalah depresi pernapasan. Dosis yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pernapasan menjadi lambat sampai akhirnya terhenti dan jika napas sudah terhenti maka penggunanya bisa mati.

Melihat fakta-fakta di atas, ada baiknya jika kita tidak sembarangan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Jika hanya pusing sedikit, istirahatlah terlebih dulu dan tidak perlu langsung minum obat penghilang rasa sakit. Jika memang rasa pusing itu tidak juga hilang, silakan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dengan dosis yang benar. Jika rasa sakit juga tidak hilang, memeriksakan diri ke dokter adalah solusi terbaiknya.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *