LOADING

Type to search

Kecanduan Internet Bisa Berarti Gangguan Mental

Seputar Narkoba

Kecanduan Internet Bisa Berarti Gangguan Mental

Share

Tidak bisa dipungkiri, dunia internet memang asyik untuk dijelajahi. Tapi jika waktu yang dihabiskan untuk bermain internet melebihi yang kegiatan lain atau sampai mengganggu kegiatan sehari-hari maka bisa jadi yang bersangkutan sudah masuk ke dalam tahap kecanduan.

Benarkah demikian?

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan McMaster University di Ontario, Kanada, mengungkapkan bahwa kecanduan pada internet bisa berarti adanya gangguan mental yang ‘terselubung’, utamanya jika hal ini terjadi pada anak muda.Para ilmuwan mendapatkan fakta ini setelah mereka mengamati penggunaan internet pada 254 mahasiswa baru di McMaster University.

Sebagai bahan evaluasinya, mereka memakai dua metode untuk mengukur tingkat adiksi partisipan, yaitu dengan Internet Addiction Test (IAT) & metode baru yang merupakan buatan para ilmuwan dalam penelitian tersebut sendiri. Lalu tim peneliti membandingkan dengan kesehatan mental para partsipan, termasuk tentang apakah mereka memperlihatkan gejala depresi, impulsif, cemas dan stres.

Mereka yang kecanduan kesulitan mengendalikan diri

Hasil dari penelitian tersebut adalah sebagian besar partisipan yang kecanduan internet dilaporkan kesulitan untuk mengendalikan dirinya saat menikmati video streaming atau memakai media sosial dan layanan chatting yang saat ini ada cukup banyak pilihannya di internet. Di sisi lain, kegiatan harian mereka rata-rata tidak bisa terselesaikan dengan baik.

Efek yang paling menonjol adalah gejala depresi, kecemasan dan impulsivitas. Mereka yang kecanduan internet ini juga sulit untuk fokus pada satu pekerjaan atau suatu hal, terlebih jika diminta merencanakan sesuatu. Manajemen waktu mereka pun terbilang berantakan.

Melihat temuan di atas ada baiknya jika Anda merasa tidak bisa lepas dari internet, kurangi sedikit demi sedikit. Carilah kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti mengerjakan hobi atau berolahraga. Jika memang Anda merasa kesulitan, segeralah berkonsultasi dengan ahlinya.

Semoga bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *