LOADING

Type to search

Introvert Rentan Depresi, Benarkah?

Seputar Narkoba

Introvert Rentan Depresi, Benarkah?

Share

Walaupun sepertiga dari populasi di dunia ini adalah introvert, introversi masih saja menjadi salah satu ciri-ciri kepribadian yang sering sekali disalahpahami. Satu anggapan yang paling sering disematkan pada mereka yang memiliki kepribadian introvert adalah mereka adalah pribadi yang rentan depresi.

Benarkah demikian?

Menurut penulis buku The Introvert’s Way: Living a Quiet Life in a Noisy World, Sophia Dembling, gambaran introvert bagi orang pada umumnya adalah bahwa introvert benci dikelilingi banyak orang. Karena introvert senang menghabiskan waktu sendiri, orang awam pun menganggap mereka lebih rentan terhadap depresi, padahal kenyataannya sebenarnya mereka menikmati saat kesendirian tersebut.

Bahkan menurut Dembling, mereka yang ekstrover ketika berada di tempat tertutup dalam waktu yang lama, ternyata mereka lebih rentan terhadap perasaan sedih dan tertekan jika dibandingkan dengan mereka yang introver.

Fakta yang harus diluruskan mengenai introvert

Selain anggapan yang kurang tepat tentang introver yang lebih rentan terkena depresi ketimbang mereka yang ekstrover, ada beberapa anggapan salah lainnya tentang introvert.

Mereka yang pemalu semuanya adalah introvert

Rasa malu sering sekali disalahartikan sebagai introvert. Tapi faktanya dua hal ini tidak sama. Contohnya, Bill Gates merupakan introver tapi dia bukan seseorang yang pemalu. Dia merupakan pribadi tenang dan kutu buku, tetapi tidak pernah merasa terganggu oleh apa yang orang lain pikirkan tentangnya.

Introvert tidak suka keramaian

Benarkah introvert benci keramaian? Tidak sepenuhnya benar karena introver sebenarnya lebih senang melakukan pendekatan secara personal, bukan menampilkan diri di depan umum atau orang banyak.

Introvert bukan pemimpin dan pembicara yang baik

Anggapan ini tidak benar karena ternyata banyak introver yang mampu pemimpin dan pembicara yang handal, seperti Bill Gates, Abraham Lincoln, dan Gandhi. Bahkan menurut USA Today, 4 dari 10 CEO sukses di dunia adalah seorang introvert. Introvert biasanya sangat fokus dan detail pada perencanaan, dua hal yang mendukung mereka untuk menjadi pemimpin sukses.

Introver lebih pintar ketimbang ekstrover

Banyak seniman dan ilmuwan terkenal dianggap sebagai orang yang tenang (intovert). Mungkin dari sinilah akhirnya ada anggapan yang mengatakan bahwa mereka yang introvert lebih cerdas, lebih reflektif, lebih independen, lebih berkepala dingin, lebih halus, dan lebih sensitif. Padahal kenyataannya, kecerdasan tidak bergantung pada apakah dia seorang introver atau ekstrover.

Semoga informasi di atas berguna!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *