LOADING

Type to search

Insomnia? 4 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Ngantuk

Seputar Narkoba

Insomnia? 4 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Ngantuk

Share

Kamu sering kesulitan untuk tidur di malam hari? Jika memang gangguan itu kamu alami cobalah mengonsumsi beberapa makanan berikut ini yang baik dikonsumsi sebelum tidur untuk membantumu merasa cepat mengantuk.

1. Buah Kiwi

Studi sudah menunjukkan bahwa kiwi mengandung banyak senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kandungan antioksidan dan serotonin yang bisa membantu mengatasi gangguan tidur. Para ilmuwan dari Universitas Kedokteran Taipei melakukan penelitian dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 buah kiwi 1 jam sebelum tidur bisa tidur lebih nyenyak ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi kiwi. Hal ini disebabkan oleh serotonin yang membantu mengatur siklus tidur.

2. Buah Pisang

Potasium dan magnesium yang terkandung dalam buah pisang merupakan relaksan otot alami, yang bisa membantu membuat kita mengantuk. Pisang juga mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang gunanya untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga kita bisa terhindar dari perubahan suasana hati dan menjadi lebih nyaman sebelum tidur.

3. Daging

Tryptophan asam amino esensial yang terkandung dalam sebagian besar jenis daging bisa berfungsi sebagai prekursor untuk serotonin, zat kimia otak yang berperan besar dalam relaksasi. Ini juga dipakai untuk membuat melatonin untuk membantu kita mendapatkan malam yang padat atau dengan kata lain mendapat istirahat tanpa gangguan. Coba gabungkan daging kesukaan kamu dengan karbohidrat kompleks, seperti beras merah, saat makan malam dan rasakan efek tidur yang nyenyak.

4. Susu

Pernah dengar bahwa minum segelas susu hangat sebelum tidur bisa membantu tidur nyenyak? Walaupun benar, itu bukan karena triptofan yang kebanyakan orang mengasosiasikan susu. Sebaliknya, hal ini adalah asosiasi psikologis dari susu hangat dan tidur yang baik yang membantu kita merasa nyaman sebelum tidur.

Kalsium yang ditemukan dalam susu juga bisa membantu memproduksi melatonin. Perasaan hangat di perut saat minum segelas susu hangat juga menjadi faktor susu bekerja untuk mendorong relaksasi dan tidur.

Itulah 4 makanan yang bisa kamu coba konsumsi jika kamu mengalami kesulitan tidur. Tapi ingat, jika setelah mengonsumsi makanan-makanan di atas, gangguan tidurmu belum teratas, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapat solusi yang tepat untuk gangguan tidur yang kamu alami. Selamat mencoba!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up