LOADING

Type to search

Hobi Beres-Beres Ternyata Baik untuk Kondisi Psikologis

Seputar Narkoba

Hobi Beres-Beres Ternyata Baik untuk Kondisi Psikologis

Share

Apa kamu termasuk yang malas bersih-bersih rumah atau kamar? Segera hilangkan kebiasaan itu ya karena selain bisa membuat rumah atau kamar kamu rapi, beres-beres ternyata bagus untuk  kondisi psikologismu. Informasi keuntungan beres-beres rumah ini bisa kita temukan dalam sebuah  buku karya psikolog Michael Tompkins, yang sekaligus menjelaskan efek buruk menimbun segala jenis barang (hoarding).

Kebiasaan menimbun atau beres-beres tidak lepas dari karakter manusia yang merasa perlu mendapat pengakuan dari lingkungan sekitar. Kebiasaan menimbun barang menekankan pengakuan atas kepemilikan materi, yang mengakibatkan penuhnya ruangan dengan barang yang mungkin saja tida ada gunanya. Dengan memiliki banyak barang, keinginan untuk bisa mendapat ruangan yang lebih lega dengan sedikit barang akan menjadi makin besar.

Menurut Tompkins yang juga co-director San Francisco Bay Area Center for Cognitive Therapy, mood sebenarnya bisa menjadi lebih banyk dengan pleasant activities (kumpul dengan teman-teman, nonton, atau berwisata yang langsung meningkatkan mood) dan mastery activities (kegiatan yang sepertinya membosankan, tapi sebetulnya bisa memperbaiki mood karena mendapat penghargaan salah satunya beres-beres).

Pendapat Tompkins ini pernah disebutkan oleh Regina Leeds dalam bukunya yang isinya mengenai kekuatan beres-beres. Buku yang judulnya adalah One Year to an Organized Life tersebut menjadi best seller di 2008 dan bisa membantu pembaca merapikan dan mengorganisir semua barang serta perlengkapan di sekitarnya. Menurut Leeds dalam bukunya, efek beres-beres pada kehidupan psikologis seseorang sangat gampang terlihat.

Leeds menjelaskan, keseimbangan mental dan kondisi psikologi seseorang ditentukan oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Dengan lingkungan yang rapi, tidak cuma bisa meningkatkan kepercayaan diri namun juga menghemat energi. Hasilnya kita bisa menjadi lebih membuka diri pada tantangan dan perubahan, serta memiliki peluang besar unutk bisa mencapai potensi terbaik kita.

Melihat penjelasan di atas, yuk mulai dari sekarang jangan malas beres-beres rumah karena ternyata memililki manfaat yang sangat besar, terutama kesehatan mental kita.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *