LOADING

Type to search

Hobi Bercermin? Waspada, Mungkin Anda Mengidap Penyakit Ini!

Seputar Narkoba

Hobi Bercermin? Waspada, Mungkin Anda Mengidap Penyakit Ini!

Share

Kegiatan bercermin umumnya dilakukan untuk melihat penampilan, seperti menyisir rambut, mengaplikasikan kosmetik, dan lain sebagainya. Bercermin memang hal yang wajar dilakukan, tapi jika Anda atau ada kenalan Anda memiliki kebiasaan bercermin dalam waktu yang lama, bahkan sampai berjam-jam, ada kemungkinan ia mengidap Body Dysmorphic Disorder (BDD).

Apakah BDD Itu?

Body Dysmorphic Disorder (BDD) merupakan salah satu penyakit mental kronis dimana mereka yang mengidapnya kesulitan untuk berhenti memikirkan kekurangan pada tubuhnya. Mereka yang mengidap penyakit ini akan terus merasa gelisah ketika ia masih menemukan kekurangan pada tubuh mereka. Mereka akan terlihat sangat terobsesi pada penampilan mereka.

Penderita BDD tidak cuma berisiko merasa tertekan, mereka juga biasanya akan kesulitan menjalani kegiatan sehari-hari, baik itu bekerja di kantor, belajar di sekolah, maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Mereka yang mengidap BDD tidak jarang akan melakukan berbagai hal secara berlebihan cuma untuk menutupi kekurangannya. Contohnya, mereka bisa berdiri berjam-jam di depan cermin atau cuma mengaplikasikan riasan wajah sebanyak-banyaknya hanya untuk membuat diri mereka merasa lebih baik.

Tetapi sayangnya,  bukannya merasa lebih baik, mereka yang menderita BDD biasanya akan semakin merasa gelisah karena terus menerus memperhatikan kekurangan tersebut.

Mulai Terlihat Saat Memasuki Masa Remaja

Menurut ahi kesehatan mental bernama Dr. Katherine Phillips, BDD biasanya akan mulai terlihat ketika seseorang, pria maupun wanita, memasuki usia remaja. Bahkan menurutnya, BDD bisa juga sudah ada sejak kecil, tapi belum terdeteksi. Di masa remaja, seseorang akan semakin melihat perubahan yang terjadi pada dirinya, seperti ukuran dan bentuk tubuh. Dari sinilah BDD akan mudah muncul.

Memperhatikan penampilan adalah hal yang wajar. Tetapi ingat, pada mereka yang normal, kebiasaan ini akan memudar seiring dengan bertambahnya usia dan dengan pembiasaan-pembiasaan dengan bentuk tubuh yang baru.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *