LOADING

Type to search

Hati-hati! Dextrometorfan Bisa Memicu Halusinasi Visual

Seputar Narkoba

Hati-hati! Dextrometorfan Bisa Memicu Halusinasi Visual

Share

Pernah dengar nama obat dextromethorphan? Di pasaran, obat ini lebih dikenal dengan nama dekstro, salah yang merupakan obat batuk kering yang muncul akibat infeksi, seperti sinusitis dan flu. Obat ini bekerja dengan cara menekan dorongan untuk batuk yang berasal dari otak.

Apa Dampak Penyalahgunaan Obat Ini?

Selama ini dextrometorfan memang jadi salah satu obat yang sering disalahgunakan. Menurut dr Andri, SpKJ, FAPM, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, penyalahgunaan dextrometorfan bisa menyebabkan halusinasi yang cukup parah.

Secara umum, dr Andri menjelaskan, ada dua jenis halusinasi yang bisa dialami orang yang menggunakan obat ini secara berlebih, yakni halusinasi visual dan pendengaran, tergantung dari penyebabnya.

Misalnya untuk pengidap skizofrenia, mereka umumnya lebih sering mengalami halusinasi suara, seperti mendengar atau diminta untuk berbuat sesuatu (bisikan-bisikan ghaib). Jenisnya macam-macam, seperti mengendarai mobil dengan cara telanjang, atau hal lainnya.

Sementara untuk efek halusinasi visual, dr Andri menyebut jika efeknya sangat mirip dengan orang yang menggunakan ganja atau LSD. Misalnya, melihat sosok tertentu yang tidak dilihat orang lain, kerap bicara sendiri seperti sedang bicara dengan orang lain, dan lainnya.

Dampak lainnya selain halusinasi

Selain menyebabkan halusinasi, obat ini pun bisa memicu agitas dan euphoria berlebih saat dikonsumsi secara berlebih. Bahkan lebih parahnya lagi, konsumsi jangka panjang bisa menyebabkan gangguan mental dan overdosis hingga meninggal dunia.

Sementara menurut Dra. Retno Tyas Utami, M. Epid, dextrometorfan berisiko menimbulkan kerusakan permanen pada susunan saraf pusat manusia. Umumnya, kerusakan ini disebabkan akibat dari pelemahan koordinasi mental dan motorik yang disertai dengan kecanduan.

Melihat dampaknya yang sangat berbahaya, belakangan ini DEA (Drug Enforcement Administration) Amerika sedang mewacanakan untuk membatasi penyebaran obat ini.

Makanya, mulai sekarang sebaiknya kamu lebih waspada dengan obat yang satu ini. Pada dasarnya, dextrometorfan memang (masih) boleh dikonsumsi, tapi harus sesuai dengan petunjuk dokter. Kalau ingin lebih aman, sebaiknya cari obat batuk yang lebih aman (sesuai anjuran dokter).

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *