LOADING

Type to search

Gejala Depresi yang Tidak Biasa Ini Wajib Anda Ketahui

Seputar Narkoba

Gejala Depresi yang Tidak Biasa Ini Wajib Anda Ketahui

Share

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengenal tanda-tanda klasik depresi, seperti rasa putus asa dan kesedihan yang amat sangat. Tetapi bagaimana jika tanda-tanda yang tidak biasa seperti rasa nyeri atau sakit perut yang tiba-tiba muncul, apakah mungkin itu adalah salah satu dari gejala depresi?

Mungkin saja, karena menurut seorang profesor penyakit dalam di University California, Richard Kravitz, MD, MSPH, depresi tidak selalu ditandai dengan kesedihan yang amat sangat. Banyak pasien tidak bersedia menganggap depresi sebagai penyebab atas gejala yang muncul pada tubuh mereka, karena mereka menganggap hal itu adalah kelemahan. Padahal dengan identifikasi dengan cepat dan tepa, semakin cepat pula mereka yang menderita depresi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa gejala depresi yang tidak biasa

Rasa sakit pada beberapa bagian tubuh

Gangguan fisik dan mental melibatkan beberapa jalur biologis dan neurotransmiter yang tidak berbeda. Beberapa studi menemukan sekitar 75 persen mereka yang mengalami gangguan emosi juga menghadapi rasa sakit pada beberapa bagian tubuh yang berulang (kronis). Menurut sebuah penelitian di Kanada yang diterbitkan dalam jurnal Pain, mereka yang mendepresi 4 kali lebih mungkin mengalami nyeri punggung bawah dan cedera leher. Mereka juga mungkin mengalami nyeri di bagian tubuh lain, seperti seperti sakit perut dan sakit kepala, atau lebih sensitif terhadap rasa sakit pada umumnya.

Berat badan turun atau naik

Pernahkah mendengar istilah comfort food? Benar, ini merupakan makanan yang memberikan perasaan nyaman atau bahagia. Biasanya, makanan-makanan ini mengandung tinggi karbohidrat dan gula. Walaupun bisa meningkatkan kadar serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati, terlalu sering mengonsumsi makanan ini bisa menyebabkan berat badan kita meningkat.

Sebuah penelitian di jurnal Obesity menegaskan bahwa depresi dan tingkat stres yang tinggi bisa membuat seseorang kesulitan menurunkan berat badan. Di sisi lain, berat badan seseorang yang depresi mungkin malah turun, karena depresi sudah mengganggu selera makan mereka.

Mudah emosi

Jika kesalahan kecil saja sudah bisa membuat Anda marah besar, maka besar kemungkinan Anda sedang mengalami depresi. Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry, 54 persen responden  dengan depresi memiliki sifat galak, bermusuhan, argumentatif, atau pemarah.

Bagaimana, adakah tanda-tanda di atas pada diri Anda? Jika ada, ada baiknya jika segera konsultasikan dengan ahlinya agar tidak berlarut dan berubah menjadi depresi yang berat.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *