LOADING

Type to search

Gangguan Psikosomatis, Saat Pikiran Bisa Sebabkan Penyakit Fisik

Seputar Narkoba

Gangguan Psikosomatis, Saat Pikiran Bisa Sebabkan Penyakit Fisik

Share

Banyak orang percaya, bila stress dapat membuat tubuh Anda sakit. Tapi, tidak sedikit pula yang percaya bahwa tidak ada hubungan antara pikiran dan kondisi fisik Anda. Namun, bila Anda membaca mengenai gangguan psikosomatis, maka Anda akan mengetahui bila pikiran mampu menyebabkan penyakit fisik.

Apa Itu Psikosomatis?

Psikosomatis merupakan gangguan yang terjadi pada tubuh Anda, dimana gangguan ini terjadi pada pikiran Anda dan berdampak langsung pada kondisi fisik Anda. Biasanya, mereka yang memiliki tingkat stress tinggi dan rasa cemas, dapat mengalami gangguan ini. Parahnya, kondisi ini akan sulit dideteksi secara medis. Jadi, meskipun Anda menjalani pemeriksaan X-Ray atau memeriksakan kondisi darah Anda, Anda masih sulit menemukan gangguan ini.

Bagaimana Pikiran dapat Mempengaruhi Kondisi Fisik?

Sebenarnya, penyebab yang pasti, bagaimana pikiran dapat mempengaruhi kondisi fisik, belumlah ditemukan. Namun, berdasarkan penelitian, memang pikiran dapat memberikan efek pada kondisi fisik. Contohnya, saat Anda merasa cemas, stress dan semacamnya, maka otak Anda akan membutuhkan lebih banyak oksigen untuk dapat lebih fokus untuk mengatasi masalah tersebut.

Alhasil, tubuh Anda dipaksa untuk bekerja lebih keras memompa darah ke otak. Hal inilah yang menyebabkan denyut jantung Anda berdenyut lebih cepat, bahkan banyak orang merasakan mual, sakit pada kepala, nyeri otot dan lain sebagainya.

Efek Dari Gangguan Psikosomatis

Ada beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh gangguan psikosomatis ini. Yang pertama adalah penyakit mental. Karena gangguan ini, orang tersebut dapat merasakan lelah, malas bergerak dan tidak bersemangat. Hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan dari orang tersebut secara keseluruhan.

Gangguan psikosomatis juga dapat memperparah penyakit fisik yang diderita seseorang. Contohnya, saat Anda mengalami ruam psoriasis, yaitu kondisi dimana sel-sel kulit Anda tumbuh terlalu cepat yang menyebabkan rasa perih, Anda mungkin masih bisa menahannya. Tetapi, orang dengan gangguan psikosomatis, memiliki kondisi mental dan pikiran yang lebih lemah. Hal ini menyebabkan penyakit tersebut terasa lebih sakit.

Cara Mengatasinya

Cara utama mengatasi masalah ini adalah dengan mengatasi sumber masalahnya, yaitu stress. Anda harus mampu mengatasi stress yang Anda miliki. Lakukan kegiatan yang menyenangkan yang dapat mengurangi stress Anda. Anda dapat berlibur, melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan, atau bermeditasi. Bila hal tersebut tidak berhasil, cara terakhir adalah dengan mengkonsumsi obat antidepresan. Pada dasarnya, Anda dapat mengatasi hal ini dengan usaha keras dari diri Anda sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *